PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media interaktif quizizz yang dapat mengembangkan minat belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan angket di kelas X E8. Hasil: 49% siswa minat belajarnya berkembang ketika mereka belajar menggunakan media interaktif quizizz.
References
Agustina, L., & Martha Rusmana, I. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9 (https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181), 1-7.
Amsul, K. M., Irmayanti, I., Fitriani, F., & P, S. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i1.973
Aras, L., DH, S., Amran, M., & Dzikru, N. A. (2022). HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 101–111.
Ardiansyah, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 417-423. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.9892
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Bicer, A., & Bicer, A. (2022). Understanding young students’ mathematical creative thinking processes through eye-tracking-stimulated recall interview. Mathematics Education Research Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s13394-022-00429-7
Fadhlurrohman, D., Fitriyanti, N., Nasir, F., & Matematika, P. (2020). Praktikalitas Media Interaktif Quizizz Pada Kemampuan Pemecahan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 1(1), 55–64.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Lider, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 189-198. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575177
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegoro (Mathematics Learning with Quizizz Game Media to Improve Mathematics Learning Outcomes of SMP 2 Bojonegoro). 03(01), 64-73. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2486-2494. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2377
Sari, F. M., & Harini, E. (2015). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Minat Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 61–68. https://doi.org/10.30738/.v3i1.280
Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Edusaintek, 167-173.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/750/659
Tan, J. P.-L., Caleon, I., Ng, H. L., Poon, C. L., & Koh, E. (2018). Curricular and Implementation Challenges in Introducing Twenty-First Century Skills in Education. In P. Griffin & E. Care (Eds.), Assessment and Teaching of 21st Century Skills (pp. 95–118). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-65368-6_15
Ulva, M., & Amalia, R. (2020). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SEKOLAH INKLUSIF. Journal on Teacher Education, 1(2). https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512