PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION PADA KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA KELAS VIII
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika mendorong suatu model pembelajaran yang didasarkan pada kondisi yang telah dikemukakan, maka diperlukan suatu pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir matematis. Salah satu pembelajaran yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa adalah model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir matematis siswa menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi. Dengan desain kelas kontrol pretest-posttest. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu mengunakan uji normalitas, Shapiro-Wilk dan Mann Witney pada SPSS. Populasi pada penelitian melibatkan para siswa tepatnya di kelas VIII SMPN 2 Tanjungpinang. Lokasi penelitian ini di SMPN 2 Tanjungpinang pada siswa kelas VIII semester genap pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil berjumlah 70 siswa, meliputi 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tertulis. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney yang memperlihatkan bahwa nilai signifikansi 0,007 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir siswa matematis dengan model pembelajaran yang diterapkan yaitu AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dibandingkan siswa yang memakai model pembelajaran konvensional.
References
Komarudin, K., Mutia, M., Putri, D. P., Masykur, R., Suherman, S., & Astuti, A. D. (2022). Effect of REACT learning strategy on creative thinking and mathematical communication skills. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 8(1), 48–61. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i1.16839
Marwiyah, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR V-A-K PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 295. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738
Ningsih, S. P., Budayasa, I. K., & Khabibah, S. (t.t.). LITERASI KUANTITATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR.
Nurjanah, A., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. PRISMA, 11(2), 406. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2420
Putri, R. I. I., Zulkardi, & Riskanita, A. D. (2022). Students’ problem-solving ability in solving algebra tasks using the context of Palembang. Journal on Mathematics Education, 13(3), 549–564. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp549-564
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020a). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020b). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Son, A. L., & Fatimah, S. (t.t.). STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING ABILITY BASED ON TEACHING MODELS INTERVENTION AND COGNITIVE STYLE.
Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320.
Umbara, F. D. A. D., & Herman, T. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS TERBUKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6807
Zukhrufurrohmah, Z., In’am, A., & Cahyaningasri, D. (2021). KOMUNIKASI IDE MATEMATIS GAYA BELAJAR VISUAL DAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 504. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3642