PENERAPAN PENDEKATAN STEM DENGAN MEDIA MAGNETIC CUBE DAN STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Experimen) dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan nilai siswa pada kelas kontrol dan eksperimen, 2) Perbedaan nilai pre-test dan posttest siswa, dan 3) Pendekatan STEM dengan media magnetic cube dan stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di MTs. Muhammadiyah Sibatua Pangkajene. Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas pembelajaran siswa dan tes hasil belajar siswa yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji anava dua jalur. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan nilai siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, (2) Ada perbedaan nilai pre-test dan post-test siswa, (3) Ada pengaruh pendekatan STEM dengan media magnetic cube dan stick terhadap hasil belajar siswa.
References
Ejiwale, J. A. (2013). Barriers To Successful Implementation Of Stem Education. Journal Of Education And Learning (Edulearn), 7(2), 63–74. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.220.
Hewi, L., & Shaleh, Muh. (2020). Refleksi Hasil Pisa (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.201.
Izzani, L. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Sma Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar.
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A Conceptual Framework For Integrated Stem Education. International Journal Of Stem Education, 3(1), 11. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z.
Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (N.D.). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika.
Mohd Shahali, E. H., Halim, L., Rasul, M. S., Osman, K., & Zulkifeli, M. A. (2016). Stem Learning Through Engineering Design: Impact On Middle Secondary Students’ Interest Towards Stem. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 13(5). https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00667a.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88.
Shelley, D. M., & Kiray, D. S. A. (N.D.). Research Highlights In Stem Education.
Slameto. (2010a). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37–52. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5292.
Widodo, S. A. (2018). Selection Of Learning Media Mathematics For Junior School Students. The Turkish Online Journal Of Educational Technology, 17(1).