PROFIL NUMERASI SISWA KELAS X SMK DALAM MATERI PERMUTASI KOMBINASI BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil numerasi siswa kelas X SMK dalam materi permutasi kombinasi berdasarkan kemampuan matematika. Berdasarkan kemampuan matematika, siswa dibagi menjadi tiga kelompok, meliputi berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada materi permutasi kombinasi. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas X AKL1 SMK Negeri 2 Semarang yang diambil dari tiap kategori yaitu siswa dengan kategori kemampuan tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan numerasi. Tes disajikan dalam bentuk soal sebanyak 2 nomor dan akan menggunakan 3 indikator kemampuan numerasi. Untuk menguji keabsahan data maka dilakukan proses triangulasi yaitu tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi mampu mengungkapkan 3 indikator, subjek kemampuan sedang mampu mengungkapkan 2 indikator, dan subjek kemampuan rendah hanya mampu mengungkapkan 1 indikator.
References
Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837–849. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849
Arofa, A. N. (2022). KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA KONTEN ALJABAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3).
Asrijanty. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm2.pdf
Fatimah, S., & Yerizon. (2019). Analysis of difficulty learning calculus subject for mathematical education students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 80–84.
Han, W., Susanto, Dicky., Dewayani, Sofie., Pandora, Putri., Hanifah, Nur., Miftahussururi., Nento, M. Noorthertya., & Akbari, Q. Syahriana. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58.
Isroil, A., Ketut Budayasa, I., & Masriyah, D. (2017). Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Matematika. Dalam JRPM (Vol. 2, Nomor 2). http://jrpm.uinsby.ac.id
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019a). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019b). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).
Noprianilubis, J., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High. Dalam International Journal of Novel Research in Education and Learning (Vol. 4). www.noveltyjournals.com
OECD. (2023a). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en
OECD. (2023b). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Nomor 33). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374