PROSES PEMECAHAN MASALAH PELUANG OLEH CALON GURU MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA POLYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemecahan masalah peluang oleh calon guru matematika berdasarkan kerangka Polya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat belas calon guru matematika semester lima yang mengerjakan tes dengan tiga diantaranya dipilih secara purposive sampling untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes pemecahan masalah dan wawancara mendalam untuk menggali tahapan yang dilakukan oleh subjek berdasarkan empat langkah utama pada kerangka Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan calon guru kesulitan memahami masalah dan merencanakan cara menyelesaikannya. Selain itu, beberapa calon guru menunjukkan kemampuan yang luar biasa pada tahap pelaksanaan rencana, tetapi beberapa diantaranya menghadapi kesulitan dalam menggunakan strategi yang tepat. Dengan demikian, pembelajaran pemecahan masalah matematis harus ditingkatkan, terutama yang berfokus pada peluang. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan tambahan untuk calon guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan kerangka Polya secara sistematis.
References
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. In Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (Vol. 14, Issue 1, pp. 103–116).
Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48
Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767
Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika , 14 ( 2 ), 2019 , 199-210 Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. 14(2), 199–210.
Darmawan, P., & Yusuf, F. I. (2022). Teori Kognitivisme dan Penerapannya dalam Penelitian Pendidikan Matematika. June 2022, 1–178.
Farhatun, Pratama Darmayadi, D., & Norma Yanti, A. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Kalkulator Terhadap Keterampilan Berhitung Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma As-Suhuf. Jurnal Dimas: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 21–28.
Hadi, W., Faradillah, A., Makmur, C., & Blok, G. (2020). Hambatan Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Bermuatan High-Order Thinking Skills Universitas Muhammadiyah Prof . DR . HAMKA , Jakarta Timur , Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 662–670.
Haryono, Y., Juwita, R., & Vioni, S. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Berdasarkan Langkah Polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 849. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3510
Hendriani, M., & Marsyidin, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Persepsi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 361–371. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/indexDOI:https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2
Maghfiroh, M. W., & Amin, A. K. (2024). DALAM SOAL CERITA menjadikan aktivitas tersebut sulit diamati dengan alat bantu indera , namun dapat yang digunakan siswa dalam. 46, 198–209.
Maghfiroh, Z. D., Sukamto, & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 2(1), 72–80.
Malik, R. M., Jalal, A., & Waliyanti, I. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Matriks Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5144
Nisa, Y. R., & Amelia, R. (2022). The Effectiveness of Mathematics Teaching Materials on Problem Solving Ability in Junior High School Students. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 4(4), 198–208. https://doi.org/10.22460/jiml.v4i4.p198-208
Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Program Linier. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 277–284. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4720
Polya, G. (1957). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In Princeton University Press: United States of America (Vol. 2, p. 253). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Putri, S. M. S., & Putri, R. K. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1776–1787. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1090
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923
Rambe Fauza, A., & Afri, D. L. (2020). Issn 2087-8249 e-issn 2580-0450. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.
Satuti, H. W. D., Fajriyah, K., & Damayani, A. T. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Wawasan Pendidikan, 3(2), 595–608. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12299
Septiani, U., & Zanthy, L. S. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-. 3(1), 34–39.
Sumarni, S., Darhim, D., & Fatimah, S. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Sekolah Menengah Berdasarkan Tahapan Polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3717
Supraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 13. https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i2.37
Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive Load Theroy. In Recenti Progressi in Medicina (Vol. 82, Issue 1).
Syahfitri, N., Islam, U., Sumatera, N., Rora, U., & Wandini, R. (2023). Penerapan Teori Polya Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SD /MI. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i1.2361
Syam, A. S. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.883
Zainudin, M., Utami, A. D., & Noviana, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Koneksi Matematis. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 41. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12382