ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PROGRAM KELAS UNGGULAN MTSN 1 LAMONGAN

  • Fitria Salsabilla Irzayana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sutini Sutini UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dian Yuliati UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Matematika, Pemecahan Masalah, Program Kelas Unggulan, Statistika

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan selama proses belajar matematika. Hasil observasi memperlihatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTsN 1 Lamongan masih kurang. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTsN 1 Lamongan khususnya pada program kelas unggulan. Penelitian ini bersifat kualitatif juga menggunakan metode studi kasus, pengumpulan data melalui wawancara serta tes.  Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) peserta didik pada program unggulan telah memenuhi indikator pemahaman masalah dengan mengidentifikasi informasi yang ditanyakan dan informasi yang diketahui secara benar; (2) juga telah memenuhi indikator penyusunan rencana dengan menyajikan rencana solusi yang menyeluruh; (3) juga telah memenuhi indikator untuk pemecahan masalah dengan menguraikan langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut; serta (4) belum memenuhi indikator pemeriksaan kembali karena tidak menulis ulang hasil permasalahan yang diberikan.

References

Alifa, I., & Dewi, N. R. (2023). Kajian Teori : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 314–318. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/66929/23908

Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.

Asdamayanti, N., Nasution, E. Y. P., & Sari, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8.

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Irzayana, F. S., Oktiana, P. E., Emalia, E. S., & Susanto, H. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI JENIS PROGRAM MTSN 1 LAMONGAN. 5(2), 404–419.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150.

Rambe Fauza, A., & Afri, D. L. (2020). Issn 2087-8249 e-issn 2580-0450. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185–192. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3049

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1–11.

Surur, M., Hasanah, M., Sholeha, F., Laillaturrahma, S., & Saputra, F. D. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI dengan Model Pembelajaran Kontekstual di MA Sarji Ar-Rasyid Situbondo. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 308–319. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2907

Vuni Apriyani, Faelasofi, R., Rahayu, S., & Cahyadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spldv Pada Pembelajaran Daring. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 121–127. http://dx.doi.org/10.24127/emteka.v3i2.1346

Published
2025-03-30