PENGARUH PERSEPSI ATAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP GEOMETRI
Abstract
Pemahaman konsep geometri merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasainya. Persepsi terhadap media pembelajaran dan rasa percaya diri diduga berpengaruh terhadap penguasaan konsep geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan rasa percaya diri secara simultan terhadap penguasaan konsep geometri, (2) pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap penguasaan konsep geometri, serta (3) pengaruh rasa percaya diri terhadap penguasaan konsep geometri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear berganda. Sampel terdiri dari 84 siswa SMA Negeri 1 Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik persepsi terhadap media pembelajaran maupun rasa percaya diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan konsep geometri. Selain itu, persepsi terhadap media pembelajaran memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan rasa percaya diri dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geometri. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran yang efektif serta peningkatan rasa percaya diri siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan mendorong kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika.
References
Asmal, M., & Taufik, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon Terintegrasi dengan Microsoft Office Powerpoint Pada Materi Koordinat Kartesius. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 112-122.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman.
Heriyadi,Slamet (2020). Pemahaman Konsep Geometri Pada Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika Bangunan Cagar Budaya Kota Semarang, Jurnal Review Pendidikan Dasar, FKIP,Univ.Muhammadiyah Kudus
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Noviyanti, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45-58.
Oktavia,R. (2024) Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta,
Rahmah,dkk (2020) Pemahaman Konsep Dan Perspektif Siswa Terhadap Geometri , IAIN,Metro Lampung
Risdiyanto, R. (2019). Pemanfaatan Motif Batik dalam Pembelajaran Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2), 115-123.
Rosyidi, A., & Widodo, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Terhadap Pemahaman Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Matematika, 5(1), 25-34.
Rustam. (2020). Penguasaan Konsep Geometri Pada Siswa Smp Kota Pontianak Tahun 2020, FKIP Untan
Sugiman,dkk. (2021). Hubungan Self-Confidence dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(3), 78-90.
Supratania,G.S, (2022). Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Kimia, Jurnal MIPA, Unindra,Jakarta.
Susanto, A. (2016). Media Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2), 130-145.
Wahyudi, M., & Suryadi, D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Self-Efficacy dan Pemahaman Geometri Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(1), 55-70.
Widia,A.(2024) Pengaruh Persepsi Siswa tentang E-Book dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KMPLB Siswa Kelas XI MPLB di SMK Negeri 1 Karanganyar, MASIP: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis dan Publik Terapan 2(2) ,33-40.