ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
Program pembelajaran matematika harus menekankan koneksi untuk mendorong pemahaman yang lebih dalam, sehingga siswa dapat mengenali dan menggunakan hubungan antara ide-ide matematika yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa yang ditinjau dari kemandirian belajar pada materi segi empat. Kemampuan koneksi matematis merujuk pada kemampuan siswa untuk menghubungkan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari dengan situasi atau masalah baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan 32 siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Garut. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan koneksi matematis dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan kemampuan koneksi matematis pada materi segi empat. Siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi cenderung menunjukkan kemampuan koneksi matematis yang lebih baik. Oleh karena itu, kemandirian belajar berperan penting dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika.
References
Al Addawiyah, A., & Addawiyah, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.
Andiarani, M., & Nuryana, D. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Kelas X pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1785-1795.
Asmawati, A., Risnawati, R., & Muhandaz, R. (2019). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 273-284.
Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa smp. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62-70.
Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657-666.
Hidayati, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Minat Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020.
Hidayati, I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Smp Negeri 01 Kampar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU)
Khairunnisa, I., Kartono, K., & Suyitno, A. (2020, February). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Model Problem Based Learning dengan Mode Oral Feedback. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 353-357).
Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. Prisma, 10(2), 244-254.
Melinda, S. D. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif spasial materi geometri di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 3(1).
Millaty, V. N. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat. Didactical Mathematics, 3(1), 33-40.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Pebrianti, L. D., & Najibufahmi, M. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII C SMP N 2 Wonopringgo. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 135-140.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). Boston: Pearson.
Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. Prisma, 11(1), 71-81.
Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa selama pandemi covid-19 ditinjau dari minat belajar siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285-295.
Sofiah, E. S., & Nurjamil, D. (2019, November). Analisis kemampuan koneksi matematik siswa smp ditinjau dari kemandirian belajar. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Van de Walle, J. A. (2004). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally (6th ed.). Boston: Pearson.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41(2), 64-70.
