PENGEMBANGAN BUKU AJAR STATISTIKA NON PARAMETRIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

  • Muhammad Taqwa Universitas Khairun
Keywords: Textbooks, Non-Parametric Statistics, Learning Motivation

Abstract

Peningkatan motivasi belajar mahasiswa sangat penting, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan, merupakan jenis penelitian ini  dengan mengembangkan buku ajar menggunakan model 4 D Thiagarajan: (1) define; (2) design; (3) develop; dan (4) disseminate. Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Khairun adalah subjek penelitian ini. Instrumen penelitian:(1) lembar validasi buku ajar, (2) lembar kepraktisan buku ajar, dan (3) tes motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) isi dan kredibilitas buku ajar memenuhi kategori validitas tinggi; (2) skor kepraktisan buku ajar memenuhi kategori praktis; dan (3) motivasi belajar siswa meningkat, dengan rata-rata skor berada di kategori medium. Motivasi belajar mahasiswa meningkat dengan penerapan buku ajar statistika nonparametrik yang valid, praktis, dan efektif.

References

Bien, Y, I., Daniel, F., & Taneo, P, N, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Maple Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 39–45.

Fitria, M., Arnawa, & M., L. (2014). Pengembangan Modul Aljabar Linear Elementer bernuansa Konstruktivisme berbantuan ICT. Jurnal Eksakta, 1(1), 34–42.

Gaspersz, V. (2006). ISO 9001: (2000) And Continual Quality Improvement. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gregory, R. J. (2000). Psychological Testing: History, Principles and Applications. Allyn and Bacon.

Hake, Richard, R. (1999). Analyzing change/gain scores. Https://Web.Physics.Indiana.Edu/Sdi/AnalyzingChange-Gain.Pdf.

Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 18(1), 423–430.

Hardianto, D. (2012). Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–10.

Martuza, V. R. (1977). Applying norm-referenced and criterion-referenced measurement in education. Allyn and Bacon.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Muhktar. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung FMIPA Unila, 353–360.

Muttakin, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang Multikonsep pada Perkuliahan Konsep Kimia Unsur. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1), 54–65.

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner’s Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. Electronic Journal of E-Learning, 12(4), 3941–408.

Neumann, D. L., Neumann, M. M., & Hood, M. (2011). Evaluating Computer-Based Simulations, Multimedia and Animations that help Integrate Blended Learning with Lectures in First Year Statistics. Australasian Journal of Educational Technology, 27(2), 274–289.

Nuranisa, R. A., Nu’man, M., & Arfinanti, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Group Invesigation dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika. Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika UNY, 697–704.

Prastii, Tri, D., Tresnaningsih, S., & Thaib, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis High OrderThingking Skills Pada Matakuliah Matematika di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan, 20(1), 40–52.

Ruslan. (2009). Validitas Isi. Bulettin Pabburitta, 10(6), 18–19.

Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications(4th Ed). Pearson.

Selvi, K. (2010). Motivating Factors in Online Courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819–824.

Syahputra, E & Rajagukguk, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 44–54.

Taqwa, M, & Taufik, A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 122–140.

Taqwa, Muhammad. (2021). Validitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Matakuliah Kalkulus Lanjut Di Masa Pandemi Covid-19. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 340–353.

Taqwa, Muhammad. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika IndoMS Wilayah Sulawesi SENAMAS, 300–312.

Taqwa, Muhammad. (2020). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) untuk menumbuhkan motivasi belajar pada matakuliah kalkulus lanjut di masa pandemi Covid-19. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (5th SENATIK), 263–275.

Taqwa, Muhammad. (2023). Validitas Buku Ajar Statistika Non Parametrik Dengan Software R untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika(Sesiomadika) 2022, 1–6.

Taqwa, Muhammad, & Taufik, A. (2019a). Pengembangan Buku Ajar Statistika Dengan Software R Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 122–140.

Taqwa, Muhammad, & Taufik, A. (2019b). Statistika dengan R. Deepublish.

Taqwa, Muhammad, & Taufik, A. (2019c). Pengembangan Buku Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. SEMINAR NASIONAL FKIP Universitas Muslim Maros, 81–87.

Published
2024-09-30