PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL
Abstract
Peserta didik SMA Negeri 1 Gowa kondisi nyata di lapangan menunjukkan hasil belajar yang rendah. Hal ini dilihat dari hasil asesmen diagnostik peserta didik kelas X.2 yang belum ada mencapai ketuntasan yang telah ditentukan. Secara umum peserta didik kelas X.2 mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang diberikan. Strategi pembelajaran yang bersifat konvensional (berpusat pada guru) membuat peserta didik kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mendapatkan solusi dari permasalahan ini maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X.2 SMA Negeri 1 GOWA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran dimana masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu : 1) Perencanaan (planning), 2) Pelaksanaan atau Tindakan (acting), 3) Pengamatan (observing), 4) Refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Gowa Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar melalui peserta didik ditandai dengan ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik melalui asesmen sumatif.
References
Abarang, N, & Delviany, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan
Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot.
Dwega, I., Atianti, A., & Alim, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kubus dan Balok Kelas IV SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 208–220.
Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospektif.
Hawa, A. A. (2021). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbantuan Simulasi Phet pada Materi Termodinamika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika.
Jayul, A, & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1).
Murni, D. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07, 1118–1128.
Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
Nelli, E, Gani, A, & Marlina, M. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.
Nugraha, M. I, Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education.
Ramadhani. (2019). Metode Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 1–100.
Syahputra, R. E. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 1.
Saputro, O. A, & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Supardi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Persamaan dan Fungsi Kuadrat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI TIA SMKN 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru.
Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education.
Tabroni, Syukur, M, & Indriyani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hul. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran.
Taufik, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Hots dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Media Kartu Soal Dalam Problem Based Learning. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 6(2), 106-119.