PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGUBAH POLA PIKIR PESERTA DIDIK

  • Elena Sandra Emalia UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Yuni Arrifadah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Suparto Suparto UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pola pikir, Growth Mindset, Fixed MIndset, Problem Based Learning

Abstract

Terdapat dua jenis pola pikir, yakni fixed mindset dan growth mindset. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) untuk mengubah pola pikir peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari modul ajar dan  LKPD. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika model PBL untuk mengubah pola pikir peserta didik. Penelitian merupakan jenis penelitian pengembangan yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Lamongan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan tujuan memperoleh peserta didik dengan fixed mindset. Penelitian dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik catatan lapangan, teknik validasi, kepraktisan dan teknik angket pola pikir peserta didik. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan metode Aiken’s, analisis data keefektifan menggunakan persentase hasil angket pola pikir sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase investigasi awal telah dilakukan analisis masalah, kurikulum, karakteristik peserta didik dan materi ajar. Perangkat pembelajaran disusun pada fase pembuatan prototipe. Pada fase penilaian, perangkat pembelajaran dinilai dan divalidasi, diujicobakan. Modul ajar dan  LKPD memiliki tingkat validitas “sangat tinggi” , nilai rata-rata kevalidan modul ajar sebesar 0,9 dan nilai rata-rata kevalidan LKPD sebesar 0,8. Modul ajar dan  LKPD juga memiliki tingkat kepraktisan “sangat tinggi”, nilai rata-rata kepraktisan modul ajar sebesar 0,8 dan nilai rata-rata kepraktisan LKPD sebesar 0,8. Keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan angka keefektifan yakni sebesar 85,71%.

References

Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558

Dweck, C. S. (t.t.). Mindsets and Math/Science Achievement, 2008.

Dweck, C. S. (2017). Mindset: Changing the way you think to fulfil your potential (Updated edition). Robinson.

Gunawan, A. W. (2007). The secret of mindset. Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02).

Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Purnama, T., & Rahmat, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. 06(03).

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368

Yanti, Defi Febri “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN WEB LINKTREE UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA” UIN Sunan Ampel Surabaya. (2024). (t.t.).

Published
2025-09-18
How to Cite
Emalia, E., Arrifadah, Y., & Suparto, S. (2025). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGUBAH POLA PIKIR PESERTA DIDIK. LIPS: urnal endidikan atematika, 6(2), 67-74. https://doi.org/10.47650/elips.v6i2.1819
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times