PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA ANIMASI PADA SISWA SMP NEGERI 1 TURIKALE MAROS

Keywords: Pembelajaran Siswa, Konsep Bangung Datar Segi Empat Segitiga

Abstract

animasi terhadap bangung datar segi empat segi tiga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Turikale Maros. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Turikale Maros. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Dalam observasi ini dimana kita melihat keaktifan, kerajinan dan dan kehadiran siswa dalam proses pembelajaran. Dengan jumlah siswa 34 dimana terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika dengan melalui media animasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Turikale Maros, ditemukan pada cara penurunan atau penemuan hasil pada konsep bangung datar segi empat segi tiga yang mana masih banyak siswa yang keliru pada cara pengetahuan atau penemuan hasil dari konsep bangung datar. Selama penelitian ini kesadaran dan perhatian siswa mengalami peningkatan, yang mana ditandai semakin banyaknya siswa yang hadir pada saat pembelajaran dan begitu pula banyaknya siswa tampil ke depan menyelesaikan soal-soal di papan tulis dengan benar, hal ini berdampak positif pada hasil belajar siswa secara keseluruhan dimana tingkat ketuntasan siswa pada siklus I dengan persentase 61,76% meningkat menjadi 88,64% pada siklus II. Berdasarkan dari temuan penelitian dan pemberian tindakan pembelajaran, maka disimpulkan pada penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa melalui media animasi terhadap konsep bangung datar segi empat segi tiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Turikale Maros.

References

Darminto, Bambang Priyo. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer di Sekolah Menengah. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nasir, A. M. (2016). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Jurnal Ecosystem, 16(3), 477-488

Ruseffendi, H.E.T. (2001). Evaluasi Pembudayaan Berpikir Logis Serta Bersikap Kritis dan Kreatif Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Makalah. Yogyakarta.

Sadiman, Arief S. (2010). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Surabaya: Rajawali Pers.

Satoru, Y. (2000). Using Computer in School Education. In O. Toshio (Ed.), Mathematics Education in Japan. Tokyo: Japan Society of Mathematics Education

Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Jakarata: PT. Remaja Rosdakarya.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101-112

Published
2021-04-30