PENGEMBANGAN MEDIA PERMAKS (PERKALIAN MATRIKS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Ahmad Irwansyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Lady Agustina
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Alat Peraga, Perkalian Matriks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PERMAKS (Perkalian Matriks), yaitu papan matriks dari kertas origami (berwarna) untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap operasi perkalian matriks. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media PERMAKS divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diuji kepraktisannya melalui angket guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan media sangat valid (skor rata-rata 3,72), dan hasil kepraktisan menunjukkan media mudah digunakan dan menarik (skor rata-rata 3,63). Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Media pembelajaran ini memiliki efek potensial dari hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 79,5 dengan kategori Baik. Media ini efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matriks secara konkret dan menyenangkan.

References

Akker, J. van den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational designresearch. Routledge.

Amelia, R., & Hakiki, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran block quadrate berbasis model discovery learning pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 23–30. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/download/22289/10685

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Fatawa Publishing.

Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran Blabak Trarerodi pada materi geometri transformasi: Tahap expert review. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 155–178.

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin,. & Mulyana., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430.

http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Juandi., Firdaus., & Oktaviana, D. (2020). Pengembangan alat peraga papan perkalian berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 95-104

https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/580/309

Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1),48–55.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/viewFile/17108/10259

Kintoko, & Rifai, B. (2017). Problem-Based Interactive Media On Circle's Tangent By Using Adobe Flash Sc6. Jurnal Daya Matematika , 5, 399-407

Mubarok, R. (2021). Pengembangan manajemen sumber daya manusia di lembaga pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146.

https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Introduction to educational design research. SLO.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Suryadi, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuningsih, D. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi matriks di SMA YABT Manokwari. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14, 67–77.

Published
2025-09-15
How to Cite
Irwansyah, A., & Agustina, L. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAKS (PERKALIAN MATRIKS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. LIPS: urnal endidikan atematika, 6(2), 12-24. https://doi.org/10.47650/elips.v6i2.1882
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times