PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT DAN STRATEGI KONVENSIONAL

  • irfan arsid universitas pancasakti
  • Haryuni Helmi SMP Negeri 7 Barru
Keywords: kemampuan penalaran, stategy react

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan penalaran matematis siswa (berupa nilai pre tes dan pos tes) siswa kelas X Air Frame kelas kontrol menggunakan pembelajaran dengan strategi konvensional dan kelas X Avionic kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan strategi react dalam pokok bahasan Matriks. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angketjenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan strategi react sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran dengan strategi konvensional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Januari 2014 sampai 25 Februari 2014 dengan melakukan proses belajar mengajar di kelas X Air Frame dan kelas X Avionic semester genap SMK Penerbangan Hasanuddin Makassar.Hasil penelitian dengan judul Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X Avionic SMK Penerbangan Hasanuddin Makassar dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi React dan Strategi Konvensional dalam Memecahkan Masalah Berkaitan dengan Matriks dapat dikatakan terjadi perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, ini terlihat pada uji t yang dilakukan pada hasil gain kelas kontrol dan eksperimen Asym. Sig(2-tailed) = 0,000. Jika diambil = 0,00 maka Asymp.Sig(2-tailed) < 0,05  sehingga Ho ditolak. Dari pre tes dan pos tes setelah dilakukan uji man-whitney pada pre tes dan uji t pada pos tes memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 sehingga ½ Sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan bernalar matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi REACT mendapat respon yang lebih baik daripada metode konvensional.

Published
2021-04-30