HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMA PADA MATERI SPLDV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, yang disebabkan oleh lemahnya pemahaman konsep serta kurangnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas XC di SMA Santo Arnoldus Jansen Kupang yang telah mendapatkan pembelajaran dengan model PBL. Instrumen penelitian meliputi angket persepsi siswa (skor maksimum 47) dan tes uraian pemecahan masalah (skor maksimum 100). Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji normalitas, dan korelasi Spearman. Hasil menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap PBL dengan rata-rata skor angket sebesar 42,45 dan kemampuan pemecahan masalah yang relatif tinggi dengan rata-rata nilai tes sebesar 83,45. Namun, hasil uji korelasi Spearman menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap PBL dan kemampuan pemecahan masalah (ρ = -0,209; p = 0,377). Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi positif siswa terhadap PBL tidak selalu berkorelasi dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika.
References
Br, G. Y. F. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V UPT SD 101831 BINTANG MERIAH THE EFFECT OF NUMBERED HEAD TOGETHER COOPERATIVE LEARNING MODEL USING BANGDAR FORMULA BOARD MEDIA ON THE MATH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PSSH, 2, 1–8.
Husna, N., & Amry, Z. (2022). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA Nurul. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 2809–1620.
Junaini, Rusdi, M., & Muslim. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Peserta Didik Kelas X Sman 2 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 21. https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.82
Lubis, F. A., Azizah, N., Ardiani, V., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Self Directed Learning. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 411–419. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.2974
Manurung, F., Sihombing, B., & Simarmata, G. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL ) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Spldv Kelas VIII Smp Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023 / 2024. Journal Of Social Science Research, 4(1), 3460–3473. https://j-innovative.org/index.php/innovative
Mardiani, D., Putri, K., Zurkarnaim, & Maryati, I. (2024). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Generative Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2024), 95–106.
Napitupulu, L., Sianipar, V. W., Simanjuntak, L. B., Tambunan, H., & Sinaga, S. J. (2022). Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar. Sepren : Journal of Mathematics Education and Applied, October, 156–163. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.829
Nasution, A., Siregar, E. Y., & Nasution, H. N. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 2621–9832.
Purba, I., Simamora, R., & Purba, Y. O. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Gasing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2203–2215.
Rohim, M. A. M., Theis, R., & Anwar, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Masalah Berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 2088–0294. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1549
Salsabila, T. M., Leonard, & Puteri, N. C. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Instructional Development Research, 3(1), 9–18.
Simanjuntak, D. L. A., Ardiana, N., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X Sma Bina Artha. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 2621–9832.
Styasih, A., Hasanah, E. N., Bakti, K. E., Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. (2021). Pengembangan LKS Berbasis STEM dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional TadrisMatematika (SANTIKA), 656–680. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/332
Syafitri, R. H., Kurniati, N., Novitasari, D., & Hayati, L. (2025). Pengaruh Model PBL dengan Konteks Budaya Sasambo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Resertch, 7(1).
Yustinaningrum, B., Fitri, A., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080
