PENGARUH PERANAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KELUMPANG SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh peranan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kelumpang Selatan. (2) mengetahui pengaruh peranan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kelumpang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menitikberatkan pada penyajian data yang berbentuk angka, dan penyajian data dengan angket/kuesioner dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif yaitu penelitian yang bertujuan mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor yang berkaitan dengan variabel-variabel pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Kelumpang Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh peranan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap minat dan hasil belajar peserta didik, hal ini ditinjau dari hasil uji dimana untuk pengaruh peranan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap minat belajar diperoleh nilai signifikansi 0,374 > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dan untuk pengaruh peranan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,946 > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak.