PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIPA SA’BE MANDAR BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Media Lipa Sa’be Mandar Berbasis Digital terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah matode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satap Piriang. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian uji hipotesis menggunakan uji t-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Satap Piriang pada kelas VIII semester genap tahun ajaran 2020/2021.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh dari post-test pada kelas eksperimen atau dengan menggunakan strategi student team heroic leadership adalah 72,865, dan kelas kontrol 63,296. Adapun hasil perhitungan hipotesis didapatkan nilai thitung = 3,506 kemudian nilai tersebut dibandingan dengan nilai ttabel = 1,675. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media lipa sa’be mandar berbasis digital berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
References
Agus Purwanto, Dr. Erwan dkk. 2017. Modul Pelatihan Dasar Calon PNS Pelayanan Publik. Jakarta : Lembaga Adminitrasi Negara.
Amri, A. (2017). Makna Simbolik Bentuk Ragam Hias Sarung Tenun Sutera Mandar di Polewali Mandar. Laga-Laga. Jurnal Seni Pertunjukan, 1(2).
Anitah W, Sri. 2019. Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. PEFI4201/Modul1
Darlianti.2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Peserta Didik Kelas VIIa SMP Negeri 2 Tandukalua’ Kecamatan Tandukkalua’ Kab.Mamasa.Skripsi. FKIP UNASMAN.
Darmadi, Luh Pt, Md Sulastri, and Niwyn Rati. 2017. Pengaruh Strategi Student Team Heroic Leadership Berbantuan Madia Konkret Terhadap hasil Belajar IPA di Gugus 1 Kecamatan Busungbiu. Mimbar PGSD Undiksha 1.1
Demmalewa. 2020. Penerapan Strategi Student Teams Heroic Leadership pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pokok Bahasan Logika Matematika Kelas X SMA Perintis Sindagamanik.Skripsi. FKIP UNASMAN.
Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif. Depok : Rajawali Pers.
Idham. (2015). Lipa’ sa’be Mandar (Tenunan Sutera Mandar-Sulawesi Barat). Solo: Zadahaniva Publishing.
Irfawandi Samad, dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Media Lipa’ Sa’be Mandar. Jurnal Sainsmat, Maret 2020, Halaman 57-70.
Isrok’atun & Amelia Rosmala. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Rajagukguk, Waminton. 2015. Evaluasi Hsil Belajar Matematika.Yogyakarta : Ruko Jambusari 7A
Sugiono, 2018.Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika padaSiswa SMPNegeri 29 Medan.Jurnal EduTech,Vol:1, nomor: 1
Samsi, Kurniyanti. 2014. Hakikat Belajar dan Pemelajaran Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika.Jurnal Belajar, Vol: 1, nomor: II
Sanjaya, Prof. Dr. H. Wina, M.Pd. 2013.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Siregar, Dra. Eveline, M.Pd. & Hartini Nara, M.Si. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sukardi, Prof. Ph.D. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta : PT Bumi Aksara.
Tiro, M. A.& Ansari Saleh Ahmar. 2018. Penelitian Eksperimen. Makassar : Andira Publisher.