DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR KELAS XI MIPA 2 UPT SMA NEGERI 1 SINJAI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada materi limit dan fungsi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Kesulitan belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga, dan (2) Upaya siswa mengatasi kesulitan belajar materi limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 UPT SMA Negeri 1 Sinjai yang sedang mempelajari materi limit fungsi aljabr. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data penelitian yang digunakan dalam analisis data penelitian adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) terdapat dua jenis kesulitan belajar bagi siswa pada limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga, yaitu kesulitan dalam memahami konsep, seperti kesulitan dalam menerapkan rumus dan kesulitan dalam penyelesaian soal, seperti kesulitan dalam menerapkan rumus dan kesulitan dalam menentukan langkah penyelesaian soal. (2) berusaha mengatasi kesulitan belajar pada materi limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga, belajar dari berbagai bahan referensi seperti youtube, berdiskusi dengan teman yang lebih mengenal materi, menambah latihan soal.
References
Amriarto, K. S., & Hidayati, K. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Prosiding Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2721).
Astuti, M., & Handayani, T. (2019). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(1), 5–18. https://doi.org/10.19109/JIP.V5I1.3284
Firdausya, Z., Nurenda, P., & Amelia, W. (2022). CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menjawab Soal-Soal Perkalian dan Pembagian Kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat Pendahuluan. 5, 64–68.
Hadi, S., Ismara, K. I., & Effendy Tanumirdja. (2015). Pengembangangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa SMK. 19.
Hardianty, M., & Septian, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMA terhadap Implementasi Kurikulum 2013. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 301–310. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.4558
Ismail. (2016). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKTIF DI SEKOLAH. Jurnal Edukasi, 2(1), 30–43.
Kaswar, A. B., & Nurjannah, N. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif (Mobelin) Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 143–153. https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2326
Kulsum, S. I. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. 3(4), 285–292. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.285-292
Marlina Ratte. (2020). DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR. UNIVERSITAS MEGAREZKY.
Nurjannah, N. (2019). Eksplorasi Metakognisi Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 78. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a9.2019
Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 3(1), 68–79.
Nursalam. (2016). DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA: Studi pada Siswa SD/MI di Kota Makassar. Lentera Pendidikan, 19, 1–15.
Shinta, S. D. A., Yenita, R., & Maimunah. (2020). Faktor Penyebab Siswa tidak dapat Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Aljabar. 4(2), 134–150.