PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DITINJAU DARI TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI MTsS DARUL ULUM KOTABARU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video ditinjau dari tingkat pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika di Kelas VII di MTsS Darul Ulum Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design dan desain yang digunakan adalah Pre-Experimental One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video pada tingkat pemahaman konsep peserta didik. Hal ini diketahui dari nilai hasil belajar peserta didik berdasarkan skor tingkat pemahaman konsep yang menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis (Paired Sample t-Test) yaitu thitung = 0,740 <t tabel = 2,04523. Sehingga bila dimasukkan pada keputusan hipotesis thitung <t tabel maka H0 diterima dan H1 ditolak.
References
Pitaloka, Agnes. 2020. Untuk Apa Aku Mengenal Pendidikan. Medan: Guepedia
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja RosdaKarya
Simatupang, Mardiana, Afriany. Latihan Sola Berfikir Kritis. Medan: Guepedia
Maryani, Ika., Laia Fatmawati. 2015. Pendekatan Scientifik dalam Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish..
Pitaloka, dkk. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal (Vol 1. No.2) https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/issue/view/243
Purwono, Joni, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2, hal 127 – 144, Edisi April 2014. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/
Sumiharsono, Rudy dan Hasanah, Hisbiyatul. 2018. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawalli Pers.
Yaumi, Muhammad. 2021. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Nasrah, dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Contexstual Teaching And Learning (CTL) Untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5 (No.2), 236.
Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 10(No.2), 57-68.