PENGARUH PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

  • Amran Yahya Universitas Sulawesi Barat
Keywords: meaningfull instructional design, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMP Negeri yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Meaningfull Instructional Design terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri. Diberikan dua kali tes yaitu pretest dan post test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis, diperoleh hasil uji normalitas untuk kedua pengujian yang dilakukan diperoleh nilai P-Value > pada taraf signifikansi = 0,05, sehingga hasil pre-test dan post-test berkategori normal. Program pengolahan data statistik Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22 untuk statistik inferensial, diperoleh nilai t hitung (Paired-sample t Test) sebesar 38,6209, dari tabel spread t diperoleh t0,95 dengan df = 17 sebesar 1,74 ternyata t = 38.6209 > 1.74. Sedangkan signifikansi 0,0001 lebih kecil dari taraf signifikansi a = 0,05 yang berarti secara statistik menolak hipotesis H0 atau menerima hipotesis H1. Hasil post-test lebih baik dari hasil pre-test. Hasil post-test memiliki nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 84,78 dengan standar deviasi (standar deviasi) 5,00. Sedangkan nilai rata-rata pada pre-test adalah 55,56 dengan standar deviasi (standar deviasi) 7,84. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model desain pembelajaran makna memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chotimah, & Fathurrohman. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Purnama, R., & Fadli, V. (2020). PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN(MID) DI SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 15 - 18.
Purwanto, M. N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol 1 No1 , 43 - 48.
Ramadhan, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Meningful Instructional Design (MID) terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Confidence Siswa SMA. Institutional Repositories & Scientific Journal, Universitas Pasundan.
Rusman. (2011). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Sekarini, I., Suparta, I., & Astawa, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN) BERORIENTASIMIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 4 SERIRIT. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, Vol. 7 No. 1, 86-94.
Tarmidzi. (2018). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 131 - 140.
Yensy, N. A. (2012). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP N 1 ARGAMAKMUR. UNIB Scholar Repository.
Published
2022-09-30