PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 MAROS BARU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTIONS

Keywords: Model Pembelajaran Explicit Instructions, Prestasi Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Maros Baru pada mata pelajaran Matematika yakni 89 peserta didik (70%) dari 127 peserta didik yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran explicit instructions pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Maros Baru. Sampel diambil satu kelas sebanyak 30 peserta didik secara random. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test dan One Sample T-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest 27,10 dengan standar deviasi 5,892 sedangkan rata-rata nilai posttest 81,83 dengan standar deviasi 6,929. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,76 dari data prestasi belajar termasuk dalam kategori tinggi, data terdistribusi normal untuk data prestasi belajar. Berdasarkan Uji-t, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < ½α dari nilai  yaitu 0,025 yang berarti terdapat peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran explicit instructions pada materi bangun ruang sisi datar, tes akhir juga memperlihatkan bahwa 26 dari 30 peserta didik (86,67%) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Negeri 11 Maros Baru.

References

Agus, Nuniek Avianti. (2008). Mudah Belajar Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Arifin, Zainal. (1990). Evaluasi Intruktional, Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasir, A. Muhajir. (2013). Penerapan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Thesis. Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Nasir, A. Muhajir. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar –Ruzz Media.

Suryabrata, Sumadi. (1984). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Uhaina, Nur. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Siswa Kelas VIII SMPN 13 SIMBANG. Maros: STKIP YAPIM.

Winkel. W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Published
2023-09-15