ANALISIS KESALAHAN CODING PEMROGRAMAN DI MICROSOFT VISUAL BASIC FOR APPLICATIONS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Edi Purwanto UNIVERSITAS PAWYATAN DAHA KEDIRI
Keywords: Algoritma, Microsoft Visual Basic for Applications, Pemrograman, Sintaks

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat beberapa kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dalam menulis sintaks Bahasa pemrograman pada Microsoft Visual Basic for Applications. Penelitian ini merupakan model studi kasus bersifat kuratif, atau Studi Kasus Retrospektif dengan analisis penelitian memakai model Miles dan Huberman. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 3 tahun angkatan 2021/2022 dalam satu kelas. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat empat kelompok kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa tersebut antara lain kesalahan sintaks pada variable, kesalahan perintah open data source, kesalahan penamaan file, kesalahan logika untuk input data. Hal-hal yang mempengaruhi adanya kesalahan tersebut yaitu pemahaman dasar komputer yang masih kurang, mahasiswa kurang teliti pada penulisan sintaks, kurangnya minat kompetitif pada mahasiswa dalam belajar algoritma pemrograman, Sebagian besar mahasiswa belajar membuat program hanya saat di laboratorium saja. Hal lain yang berpengaruh yaitu cakupan isi panduan praktikum yang relatif dianggap hal baru untuk dipahami oleh mahasiswa sebagai pemula dalam belajar algoritma. Serta materi perkuliahan algoritma dan pemrograman belum memiliki korelasi secara langsung terhadap materi perkuliahan matematika yang sudah dipelajari oleh mahasiswa. Solusi yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memberikan tugas setiap pertemuan, mengaitkan materi perkuliahan dengan matakuliah lain dan mendesain metode pembelajaran kooperatif dan kompetitif.

References

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Barnes, D. J., Fincher, S., & Thompson, S. (1997). Introductory Problem Solving in Computer Science. 5th Annual Conference on Teaching Of Computing (Pp.36-39), 5. Dublin, Ireland: Dublin City University.
Duschl, R. (2008). Science Education in Three-Part Harmony: Balancing Conceptual, Epistemic, and Social Learning Goals. Review of Research in Education, 32(1), 268–291. https://doi.org/10.3102/0091732X07309371
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Cipta Aditya Bakti.
Kadir, A. (2012). Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: Andi.
Kadir, A., & Heriyanto. (2005). Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
McIntosh, R., & Janet, D. (2000). Teaching Mathematical Problem Solving: Implementing the Vision. New York: NWREL.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.
Murdiana, I. N. (2015). PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.
Polya, G. (1957). How To Solve It “A New Aspect Of Mathematical Method” (2nd ed.). New York: Princeton University Press.
Rahardjo, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
2023-03-31