PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Bahtiar Bahtiar Universitas Dayanu Ikhsanuddin
Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Motivasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Runduma. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode ex-post facto, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah sekaligus sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Runduma. Untuk memperoleh data penelitian peneliti menggunakan instrumen angket motivasi siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil  penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar matematika siswa  mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Runduma tahun ajaran 2022/2023. Hal ini berdasrkan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai sig. (0,000)> 0,05 sehingga H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifkan antara kedua veriabel.

References

Agus, Mikha widiyanto. (2013). Statistika terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Afi Parnawi. (2019). Psikologi Belajar.Deepublish.
Agboola, O.P., Azizul, M. F., Rasidi, M. H., dan Said, I. (2018). The cultular sustainability of traditional market place in Africa: A new research agenda. Journal of Rural Studien, 62, 87-106. https: //doi.org/10.1016/j.jrurstud.2018.07.001.
Arikunto, S.( 2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anwar, Saifudin. (2016). Metode Penelitian. Yogtakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, S, B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emilda, S. (2020)Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengelolahan Pendidikan di Indonesia/Yogyakarta: CV.Bildung Nusantara.
Firdianti,Arianda. (2018). Implementasi Manajemem Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Gre Publishing.
Gasong,Dina. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ghozali, Iman. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar n. (Jakarta : PT. Bumi Asara).
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR ( Studi Kasus terhadap Siswa Kelas ... Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. http: //www.jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf.
Muhibbin, Syah. (2008)Psikologi Pendidikan. Bandung: UPP-STIM YKPN.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https: //doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, S. (2019).Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(1), 58-73.
Setiawati, S. M. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Suaid, E. (2019). Deskripsi Faktor – Faktor Internal yang Mempengaruhi Peserta Belajar Matematika Siswa VIII SMP Negeri Wabula. Skripsi. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Yosefo G. (2021) “Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen,” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Masuk Gereja 5, no.1 : 89-104.
Published
2023-03-27