ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TEOREMA PHYTAGORAS PADA PESERTA DIDIK
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Suppa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kesulitan dalam menyelesaikan soal teorema phytagoras, (2) faktor yang apa saja yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan, dan (3) upaya mengatasi faktor kesulitan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini; (1) kesulitan yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam prosedur penyelesaian, kesulitan dalam operasi hitung, dan kesulitan dalam memahami konsep, (2) kesulitan yang paling dominan adalah kesulitan dalam memahami konsep, (3) tingkat kesulitan dalam prosedur penyelesaian kategori sangat rendah, (4) tingkat kesulitan dalam operasi hitung kategori sedang, (5) tingkat kesulitan dalam memahami konsep kategori tinggi, (6) factor-faktor penyebab terjadinya kesulitan yang dialami peserta didik, yaitu (a) Suasana rumah/keluarga kurang mendukung, (b) Kurangnya kecakapan belajar,, (c) kurangnya bahan bacaan, alat peraga dan pemanfaatannya, (d) kurangnya motivasi belajar, (e) tidak memiliki teman/kelompok belajar, (f) kurangnya penguasaan bahasa dan symbol, (g) ketidakmampuan dalam menerapkan rumus-rumus matematika, (h) kurangnya perhatian dan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, (i) konsentrasi terganggu saat proses pembelajaran berlangsung, (j) Kurang memahami soal-soal matematika, (k) kurangnya minat belajar, (l) kesehatan terganggu saat proses pembelajaran berlangsung, (m) tempat belajar yang kurang mendukung, (7) berdasarkan faktor kesulitan maka dapat ditentukan upaya mengatasinya.
References
Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TAHAPAN POLYA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAANLINEAR SATU VARIABEL. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 405–424. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6745
Ernawati, M. (2018). PENGGUNAAN METODE PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSESUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 7(1), 75–87. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5350
Fahmi Arifin. M. (2020). KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989–1000. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/181
Julrahmat, Ahmad Jazuli, L. O., & hasnawati. (2019). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KONTUKOWUNA. Jurnal Penelitian Pendididikan Matematika, 7(2), 1–14. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/8265
Khairunnisa, Azizah, & Surahman. (2021). INE LEARNING PROCESS IN THE TIME OF COVID-19 IN CLASS IV AT SDN 2 LABUAN LOBO. Elementary School of Education E-Journal, 9(2), 109–119. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jem/article/view/1259
Magdalena, I., Wizy Astuty, H., Valentina, F. R., Devita, N., & Tangerang, U. M. (2020). PENANGANAN KASUS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VI SDN KARAWACI BARU 4. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–74. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Meraita. (2022). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN MEDIA NYATA PADA MATERI STRUKTUR AKAR. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 46–53. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/suluh
Ningsih, A. P. (2009). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Dimensi Dua Peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Parepare. UMPAR.
Nisa, S., Anwar, N., Husaini, A., & Daud, M. (2022). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 72–81. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/arriyadhiyyat/article/view/178
Novatricio Siregar, G. S., & Panjaitan, S. (2018). PENGARUH BAHAN AJAR YANG DIRANCANG DENGAN MODELPEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAPKEMAMPUANPEMECAHAN MASALAHMAHASISWA UHN. Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 5(1), 65–75. chrome-extension://oemmndcbldboiebfnladdacbdfmadadm/http://jsp.uhn.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/08-Jurnal-Golda.pdf
Pautina, A. R. (2018). APLIKASI TEORI GESTALT DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14–28. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/503
Siskanti, M. I., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS III DI SDN PORIS GAGA 06 KOTA TANGERANG. SIBATIK JOURNAL, 1(1), 23–32. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK
Sugiyanti. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT SKETS GRAFIK FUNGSI ALJABAR SEDERHANA PADA SISTEM KOORDINAT KARTESIUS MELALUI. Edunomika, 02(01), 175–186. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/195
Surtinah, Meta Ruswana, A., & Solihah, S. (2022). ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN SELF-EFFICACY SISWA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–70. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/6360
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnall Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Wahyuni, D. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS XI SMK SAMUDERA INDONESIA MEDAN T.A 2017/2018. Jurnal Warta, 58, 1829–7463. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/386