ANALISIS PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MEMBANGUN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

  • Oce Datu Appulembang
  • Wina Yohana Butar-Butar Sekolah Lentera Harapan Banjar Agung
Keywords: model think pair share, partisipasi siswa, pembelajaran daring

Abstract

Partisipasi siswa merupakan keikutsertaan untuk memberikan kontribusi dalam pembelajaran sebagai tanggung jawabnya. Rendahnya partisipasi siswa membuatnya tidak antusias untuk memberikan kontribusi sehingga siswa kehilangan rasa ingin tahunya ketika menggali materi pelajaran. Guru perlu melibatkan siswa dalam pembelajaran. Model think pair share (TPS) dengan langkah-langkah berpikir, berpasangan dan berbagi membuat siswa terlibat, antusias dan berkontribusi serta memiliki rasa ingin tahu untuk mengkonstruksi pengetahuan. Guru Kristen mengarahkan pembelajaran yang berpusat pada Kristus dan menyadari bahwa siswa telah jatuh ke dalam dosa sehingga perlu digembalakan untuk berpartisipasi dalam menemukan pengetahuan sejati. Tujuan penulisan paper ini ialah untuk mengetahui penerapan, kendala, kelebihan dan kekurangan dari penerapan model TPS dalam membangun partisipasi siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model TPS membuat siswa semakin berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Kendala yang dihadapi ketika pembelajaran daring ialah guru sulit memantau seluruh siswa berada dalam koridor yang sesuai. Kelebihannya siswa semakin tertantang, bertoleransi, dan berani sedangkan kekurangannya siswa cenderung bergantung dengan teman dan penerapannya membutuhkan banyak waktu. Saran yang diberikan sebaiknya guru memberikan instruksi yang jelas dan meminta siswa menunjukkan bukti screenshoot atau video rekaman ketika berdiskusi sedangkan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan model ini untuk mengatasi hasil belajar siswa yang rendah.

References

Ahmadi, R. (2014). Pengantar pendidikan: asas dan filsafat pendidikan. AR-RUZZ MEDIA.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI). KENCANA.
Albertus, A., Masriani, & Hadi, L. (2016). Pengaruh model kooperatif tipe think pair share terhadap partisipasi dan hasil belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5, 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16484
Anggoro, R. P. (2015). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TAI dengan pendekatan kontekstual terhadap partisipasi dan prestasi belajar Matematika. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, X, 71–79. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9111
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033
Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. KENCANA.
Ardani, M. S., Margunayasa, I. G., & Rati, N. W. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 4 Banjar semester I tahun pelajaran 2014/2015. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7780
Artianningsih, Witurachmi, S., & Sumaryati, S. (2013). Penerapan mind mapping dengan media prezi untuk meningkatkan prestasi dan partisipasi belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 2, 39–48. https://www.neliti.com/publications/13517/penerapan-mind-mapping-dengan-media-prezi-untuk-meningkatkan-prestasi-dan-partis
Azis, A. (2016). Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa SMP. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 20, 145–150. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2889
Bavinck, H. (2003). Reformed dogmatics: prolegomena. MI: Baker Academic.
Bavinck, H. (2006). Reformed dogmatics: sin and salvation in Christ. MI: Baker Academic.
Chozaipah. (2018). Peran dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi di SMKN 1 Dumai provinsi Riau. Jurnal Serambi PTK, 5(1), 60–65. http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/view/608/556
Dharma, I. D. P. P. W., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019). Penerapan model pembelajaran TPS (think pair share) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri peserta didik kelas X MIPA 1 SMA negeri 6 Semarang pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tahun pelajaran 2018/2019. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 239–246. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28918
Erickson, M. J. (2003). Teologi Kristen. Gandum Mas.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif: alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. AR-RUZZ MEDIA.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science, 2, 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Habibati. (2017). Strategi belajar mengajar. Syiah Kuala University Press.
Handayani, R. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa di Kelas IV MI terpadu muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 107–123. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2220
Hartini, Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Matematika Kreatif-Inovasi, 7, 131–135. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5009
Hoekema, A. A. (2008). Manusia: ciptaan menurut gambar Allah. Momentum.
Ibrahim, M. I., Awi, & Dinar, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap partisipasi siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education, 1, 26–32. https://doi.org/10.35580/imed
Imran, S., Hidayat, D., & Winardi, Y. (2019). Peran guru Kristen dalam pembelajaran matematika di suatu sekolah Kristen di Tangerang [Christian teacher’s role in learning mathematics at a Christian school in Tangerang]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2, 71–82. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1683
Inayati, B. F., & Kristin, F. (2018). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar tematik melalui model problem based learning siswa kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah PGSD, 2, 85–93. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/3286
Iskandar. (2017). Peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas VII.E dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 7 Pujut Lombok Tengah tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Universitas Mandala, 2, 46–64. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/210/201
Jannah, W. N., & Sholihati, V. (2018). Peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik pada tema hidup rukun melalui cooperative learning method berbasis tutor sebaya di SDN 4 Kenanga kabupaten Cirebon. Jurnal Hadhariyah, 4, 91–100. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JHD/article/view/470
Kasimuddin, H. (2016). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI IPA 2 SMA negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4, 54–72. https://doi.org/10.26618/jpf.v4i1.299
Kencanawaty, D. P. (2013). Meningkatkan partisipasi belajar Matematika melalui pemberian penguatan menggunakan tabel berhadiah pada siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2, 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3230
Khodijah, D. N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas XI MIA 7 SMAN 1 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 1, 46–54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3429
Lestari, S. K., & Ningrum. (2016). Pengaruh penggunaan cooperative learning tipe think-pair-share (TPS) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X semester genap SMK Kartikatama 1 Metro T.P 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 4, 21–34. https://doi.org/10.24127/ja.v4i1.473
Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi belajar mengajar. Syiah Kuala University Press.
Manurung, S. Y., & Listiani, T. (2020). Menjadi guru yang reflektif melalui proses berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika [becoming a reflective teacher through the reflective thinking process in mathematics learning]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16, 58–83. https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.2262.
Muhmidayeli. (2011). Filsafat pendidikan. PT Refika Aditama.
Mulyoto, D. J. (2017). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran tutor sebaya. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya II (KNPMP II), 255–262. http://hdl.handle.net/11617/8783
Noviyanti, A. K., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Partisipasi pembelajaran siswa dalam pembelajaran dengan classroom rules. Journal of Educational Research and Evaluation, 1, 65–72. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10071
Nurhayati. (2016). Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar PKn dengan model pakem Siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2, 43–51. https://doi.org/10.12928/jpsd.v2i2.4949
Nurjannah, Ngadimin, & Melvina. (2017). Penggunaan model kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran pada materi gerak harmonik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2, 220–225. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2813/1491
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3, 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Poythress, V. S. (2006). Redeeming science: a God-centered approach. Crossway Books.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Pendidikan Ilmu Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Ranti, M. G. (2016). Partisipasi siswa pada pembelajaran Matematika SMA menggunakan pendekatan CTL (contextual teaching and learning). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 41–46. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.26
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6, 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Samitri, A. S., Sapti, M., & Kurniasih, N. (2014). Peningkatan partisipasi siswa dan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 8, 171–175. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i3.1114
Saragih, M. J., Hidayat, D., & Tamba, K. P. (2019). Implikasi pendidikan yang berpusat pada Kristus dalam kelas matematika [the implications of Christ-center education for mathematics classes]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2, 97–107. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1695
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-learning: implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Suarta, P. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan model kooperatif tipe think pair share (TPS) pada pokok bahasan peluang siswa kelas IX SMPN 3 Bone-bone. Prosiding Seminar Nasional, 3, 412–423. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/811
Subekti, T. (2015). Penggunaan media audio elektronika wireless microphone untuk meningkatkan partisipasi siswa SD pada pembelajaran Bahasa Indonesia. TRANSFORMASI Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek, 11, 189–204.
Suhardi. (2013). Peningkatan partisipasi dan kerjasama siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada materi protozoa kelas X SMAN Pengasih. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 140–146. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2482
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran: teori & aplikasi. AR-RUZZ MEDIA.
Tarigan, M. S. (2019). Kebenaran Allah sebagai dasar pendidikan Kristen. Journal of Holistic Mathematics Education, 3, 80–95. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.1684
Tung, K. (2013). Filsafat pendidikan Kristen: meletakkan fondasi dan filosofi pendidikan Kristen di tengah tantangan fisafat dunia. ANDI.
Ustatik. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian dengan model kooperatif tipe TPS (siswa kelas V SDN Biting 02 Arjasa). Pancaran Pendidikan, 5, 1–10. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3765
Yojinato, F., & Hidayat, D. (2020). Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis murid kelas VIII A sekolah Palembang harapan [the implementation of the think-pair-share learning model with mind mapping to improve grade 8-A. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16, 110–128. https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.2252
Published
2023-03-27