Perbedaan Strategi REACT dan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa pada Strategi REACT dan Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan software Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Harapan 1 Medan. Kelas eksperimen-1 diberi strategi REACT berbantuan software Autograph dan kelas eksperimen-2 diberi Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan software Autograph. Analisis yang digunakan adalah analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa pada siswa yang diberikan strategi REACT berbantuan software Autograph dan Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan software Autograph .
References
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Novri, Zulfah, dan Astuti. 2018. Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). 81 – 90
Pitadjeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sugianto, dkk. 2014 . Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1)
Widodo, S. A. 2013a. Implementasi Team Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X Se-Kota Yogyakarta Pada Materi Trigonometri. Union: Jurnal Pendidikan MAtematika, 1(1), 43–50
Widodo, S. A. 2014. Ekperimentasi Pembelajaran CPS Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Interpolasi. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(1).