PENERAPAN METODE TANYA JAWAB BERANTAI SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG EFEKTIF
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode tanya jawab berantai dalam pembelajaran matematika efektif diterapkan pada peserta didik kelas V di SD Inpres Andi Tonro Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tanya jawab berantai dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas V di SD Inpres Andi Tonro Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-ekperimental design dalam bentuk one-group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas Va SD Inpres Andi Tonro Makassar sebanyak 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika peserta didik setelah diterapkan metode tanya jawab berantai adalah 89,04% dengan standar deviasi 7,074. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa diperoleh bahwa 26 peserta didik (100%) telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai, 2) Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode tanya jawab berantai dimana nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,84 berada pada kategori tinggi, 3) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas peserta didik telah mencapai kriteria efektif yakni 81,12%, 4) Angket respon peserta didik menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap metode tanya jawab berantai positif yakni 79,2%. Hasil analisis inferensial pada pengujian hipotesis bahwa indikator hasil belajar menerima H1 pada α = 0,05. Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode tanya jawab berantai efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas V SD Inpres Andi Tonro Makassar.
References
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40. https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf
Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 1-7. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/9450
Baroh, Chasniatul. 2010. Efektivitas Metode Simulasi dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Peluang di Kelas IX-A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Matematika.
Basrudin, B., Ratman, R., & Gagaramusu, Y. (2013). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN FatufiaKecamatan Bahodopi. Jurnal kreatif online, 1(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2979
Darwin, Muhammad, dkk. 2021. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: BP Dharma Bhakti; 2003).
Effendy, I., & Abi Hamid, M. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2. a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81-88. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/2873
Fathani, Abdul Halim. 2016. Matematika: Hakikat dan Logika. Joggjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/1334
Haerullah, Ade. & Said Hasan. 2017. Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: CV. Lintas Nalar.
Hasan, Alwi, dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hidayat, Rahmat. & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori Dan Aplikasinya”. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Ilyas, M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya metodologi pembelajaran bagi guru. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 58-85. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/ilyasya
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. NUSANTARA, 3(2), 150-165. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1250
Maksum, Ifrod. 03 Februari 2016. Memahami Jenis-Jenis Metode Pembelajaran, (Online, https://nomifrod.com, diakses 04 November 2022).
Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217.http://repository.uin-malang.ac.id/9858/1/9858.pdf
Mulyana, Aina. 22 Mei 2018. Metode Tanya Jawab Dan Prinsip Penerapannya, (Online, https://ainamulyana.blogspot.com, diakses 28 September 2022).
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi Dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Yogyakarta: IAIN Pekalongan Press.
Ngatno. 2015. Metodologi Penelitiasn Bisnis. Semarang: Lembaga Pengembangan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Dipenogoro semarang.
Nurlinda Fitrianingsih. 2020. Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Berantai Dalam Evaluasi Pembelajaran Fiqih Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: IAIN Parepare.
Rahman, Arief Aulia. & Cut Eva Nasryah. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Ravianto, J. 2014. Produktivitas Dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Aksara.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3491
Sitti Widyawati Saputri. 2022. Efektivitas Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: IAIN Palopo.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suwela, I. G. M. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab dengan Variasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PKN Khusus dalam Materi Ideologi Pancasila. Journal of Education Action Research, 2(4), 409-414. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/16345
Suyanto, dkk. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Tiya, Kadir. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN. (Online), https://118.97.35.230/lemlit/jtt/2016.pdf Diakses 23 Desember 2022.
Wiswantoro, I. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Metode Tanya Jawab Berantai. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 1-8. https://jurnal.ppjb-sip.org/index.php/jgi/article/viewFile/228/151