KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMK KELAS X PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan untuk mencapai kebermaknaan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman yang ditinjau dari gaya belajar. Subjek adalah peserta didik SMK Negeri 2 Semarang kelas X ULP 2 yang memperoleh skor tertinggi pada setiap tipe gaya belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan gaya belajar visual menurut tahapan Newman adalah mampu dalam tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses dan penyimpulan. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan gaya belajar auditorial menurut tahapan Newman adalah mampu dalam tahap membaca, memahami, transformasi, dan penyimpulan. Sedangkan kurang mampu dalam tahap keterampilan proses. 3) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan gaya belajar kinestetik menurut tahapan Newman adalah mampu dalam tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses dan penyimpulan.
References
Afgani D., Jarnawi.(2011). Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka, Jakarta.
Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the problem solving approach to the performance and attitude of first year university students. Social Sciences & Humanities Open, 1(1), 100006. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100006
Bayat, S., & Tarmizi, R. A. (2010). Assessing cognitive and metacognitive strategies during algebra problem solving among university students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 403–410. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.056
Clements, M. A., & Ellerton, N. (1996). The Newman procedure for analysing errors on written mathematical tasks. Retrieved March, 20, 2012.
Clement, J. (1982). Students’ preconceptions in introductory mechanics. American Journal of physics, 50(1), 66-71.
DePorter dan Mike Hernacki. (2009). Quantum Learning. Bandung: Kaifa PT. Mizan Pustaka.
Dewi Wulansari, M., Purnomo, D., Esti Utami, R., & PGRI Semarang, U. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial. Imajiner, 1(6), 393–402.
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Hajar, Y., Triyana, V., & Sari, A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2).
Hartini, S. T., & Setyaningsih, R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bebasis Higher Order Skill (HOTS) Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 932–944. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2230
Intaros, P., Inprasitha, M., & Srisawadi, N. (2014). Students’ Problem Solving Strategies in Problem Solving-mathematics Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4119–4123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.901
Kufi, M. (2021). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V MADARASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL FALAH.
Martia Sari, E., Esti Utami, R., & Matematika Universitas PGRI Semarang, P. (2021). Profil Berpikir Kreatif Sisiwa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial. Imajiner, 3(1), 69–77.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DI SMP (Vol. 3, Issue 2).
Muhtadi, A. (2006). KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI PREFERENSI SENSORI DAN LINGKUNGAN.
Nitko, A. J. (2011). Educational Assessment of Student. Englewood Cliffs. NJ: Merrill Prentice Hall, Inc.
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PADA MATERI PROGRAM LINEAR. 3(1), 11–20.
Purnamasari, P. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMDIYAH I PATUK PADA POKOK BAHASAN PELUANG.
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3619
Shaputra, R., & Supardi. (2019). Pengaruh Gaya Belajar dan Rasa Ingin Tahu terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 252–259.
Wahyuni, Y. (2017). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Yarmayani, A. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas xi mipa sma negeri 1 kota jambi. Jurnal ilmiah dikdaya, 6(2), 12-19.
Yofita, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979
Yuli, T., & Siswono, E. (2007). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Matematika *. Makalah Simposium Nasional.