Model Persamaan Beda Pada Pendapatan Nasional

  • Radhiah Radhiah Universitas Syah Kuala
  • Ikhsan Maulidi Universitas Syiah Kuala
  • Nani Maulida Universitas Syiah Kuala
  • Intan Syahrini Universitas Syiah Kuala
Keywords: Persamaan Perbedaan, Pendapatan Nasional, Ekonomi Terbuka, Akar Kararakteristik.

Abstract

Penelitian  ini menerapkan persamaan perbedaan dengan pendapatan nasional dalam ekonomi terbuka menggunakan metode akar karakteristik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi stabilitas titik ekuilibrium dari model persamaan perbedaan terhadap pendapatan nasional dan memberikan grafik simulasi. Simulasi dilakukan dalam penelitian ini dengan memilih beberapa nilai parameter berdasarkan teorema koefisien kondisi. Model persamaan beda yang dihasilkan dalam menentukan pendapatan nasional dalam ekonomi terbuka adalah persamaan beda orde dua dengan koefisien konstan. Berdasarkan hasil penelitian ini nilai parameter yang sudah memenuhi kondisi stabilitas dalam teorema kondisi koefisien, grafik solusi pendapatan nasional stabil dan akan selalu menyatu di sekitar keadaan titik ekuilibrium.

References

Dassious, I. K., dan Devine, M. T., (2016). A Macroeconomic Mathematical Model for the National Income of Union of Countries with Interaction and Trade. Economic Struktures, 1-15.
Dumairy. (2006). Perekonomian Indonesia . Jakarta: Erlangga.
Elaydi, S. (2005). An Introduction to Difference Equation. USA: Springer Science Business Media, Inc.
Garnadi, A. D., dan Khatizah, E., (2010). Masalah Dirichlet untuk Persamaan Beda dalam Graf Terboboti. Journal Of Mathematics And Its Applications, 9(2), 31–40.
Kelley, W. G., dan Peterson, A. C., (2001). Difference Equations. San Diego: Academic Press.
Lakshmikantham, V. d. (2002). Theory of Difference Equation: Numerical Methods and Applications. USA: Marcel Dekker, Inc.
Maha, F., dan Kiftiah, M., (2021). Metode Gupta dalam Menentukan Solusi Partikular Persamaan. Bimaster : Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 10(4), 477–484.
Published
2023-03-30