PENERAPAN FUZZY LOGIC MAMDANI UNTUK MENENTUKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

  • Sudrajat Sudrajat Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sherlia Agustiani Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Fuzzy logic Mamdani, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

ABSTRAK

Pengukuran prestasi belajar matematika digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika dan mendiagnosis pemahaman siswa terhadap matematika serta membantu siswa agar mendapatkan hasil yang baik. Fuzzy logic salah satu solusi untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prestasi belajar matematika siswa SMP dengan menerapkan fuzzy logic mamdani. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka dan pengumpulan data-data sekunder dari sekolah. Model Inferensi fuzzy yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode mamdani. Defuzifikasi pada penelitian ini menggunakan metode centroid. Analisis data menggunakan bantuan software Matlab R2015a. Variabel linguistik dalam penelitian ini terdiri dari variabel input dan variabel output. Variabel input yaitu ulangan harian, penilaian tengah semester, tugas-tugas harian dan penilaian akhir semester, sedangkan variabel output-nya adalah prestasi belajar matematika siswa SMP.  Hasil penelitian diperoleh (1) Penerapan fuzzy logic mamdani dapat dilakukan untuk menentukan prestasi belajar matematika siswa SMP dengan input data ulangan harian, penilaian tengah semester, tugas-tugas individu dan penilaian akhir semester. (2) Berdasarkan nilai input data ulangan harian, penilaian tengah semester, tugas-tugas dan penilaian akhir semester memperoleh hasil sebesar 26% dengan kriteria prestasi belajar matematika siswa termasuk kedalam kriteria kurang. (3) Berdasarkan asumsi dari guru dan hasil uji menggunakan matlab R2015a dengan metode mamdani mendapatkan hasil yang sama bahwa prestasi belajar matematika siswa termasuk kedalam kategori kurang.

 

 

Author Biography

Sherlia Agustiani, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Matematika

References

Aeni, N., & Supadi, S. 2020. The Effects Of Student’s Perception On Teacher Performance And Learning Motivation Towards Student’s English Achievement. INFERENCE: Journal Of English Language Teaching, 3(2), 146. https://doi.org/10.30998/inference.v3i2.6018

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bova S, Codara P, Maccari D, & Marra V. 2010. “A Logical Analysis Of Mamdanitype Fuzzy Inference, I Theoretical Bases”.

Cleopatra, M. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2): 168-181, 2015. ISSN: 2088-351x.

Febriany, N. 2016. Aplikasi Metode Fuzzy Mamdani Dalam Penentuan Status Gizi Dan Kebutuhan Kalori Harian Balita Menggunakan Software Matlab. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu. perpustakaan.upi.edu

Kadir. 2005. Pengaruh Pendekatan Problem Posing. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Hal. 223

Kusumadewi, Sri.,Hartati, S., Harjoko, A., Danwardoyo, R. 2006. Fuzzy Multi – Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kusumadewi, S. (2002). Analisis dan Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box MATLAB. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Mustafidah, H & Aryanto, D. 2012. Fuzzy inference systems to predict student learning achievement based on the national exam, a test of academic potential and learning motivation. Juita ISSN: 2086-9398 Vo. II No. 1, Mei 2012.

Prihatin Tri Rahayuningsih Dan Agus Maman Abadi. 2011. Penerapan Model Fuzzy Dengan Metode Table Look-Up Scheme Untuk Memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan. Diakses Dari eprints.uny.ac.id/7319/2/t-17.Pdf. Pada Tanggal 30 Mei 2022.

Salman, A. G. 2010. Pemodelan Sistem Fuzzy Dengan Menggunakan Matlab. Comtech. Vol. 1 No. 2 Desember 2010: 276-288.

Sari, R. M. & Abadi, A. M. 2015. Aplikasi Fuzzy Inference System Dalam Penilaian Prestasi Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiono & Sofa. 2010 Pemodelan Logika Fuzzy Terhadap Kerusakan Jembatan Beton. Media Teknik Sipil, Vol. X, Januari 2010. ISSN: 1412-0976.

Shin, D., & Shim, J. (2021). Students’ Perceived Mathematics Teacher Competence: Longitudinal Associations With Learning Outcomes And Choice Of College Major. Education Sciences, 11(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci11010018.

Sirait, E. D. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016.

Suwarkono, Dkk. 2006. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pemantapan Awal Di Kelas X SMAN 7 Jakarta. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. No. 1. Vol. 1 Tahun 2008.

Vinsensia, Desi. 2018. Penentuan Prestasi Siswa Menggunakan Aplikasi Fuzzy Mamdani. Publikasi Jurnal & Penelitian Teknik Informatika Vol. 2., No., 2, April 2018.

Wawan & Retnawati, H. 2021. Emirical Study Faktor Affecting The Student Mathematics Learning Achievement. Internasional Journal Of Instruction. E-ISSN: 1308-1470. www.e-iji.net

Published
2023-09-16