PENGARUH PEMBELAJARAN TTW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG

  • Ranti Agma Kurnia Sari Mahasiswa
  • Dewi Asmarani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Pembelajaran TTW, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran TTW terhadap motivasi siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran TTW terhadap motivasi dan hasil siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, dengan teknik purposive sampling, sampelnya adalah siswa kelas VII-K (kelas eksperimen) dan kelas VII-J (kelas kontrol). Pengumpulan data berupa angket motivasi dan tes materi aritmatika sosial, serta analisis datanya menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai signifikansi sebesar 0,019 < 0,05 sehingga H1 diterima, maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pembelajaran TTW terhadap motivasi siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan  pembelajaran TTW terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MTsN 2 Tulungagung.

References

Adi, Nur Romdlon Maslahul, dan Esti Harini. 2017. “Efektivitas Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan 1 (1): 13–22.

Amelia, Iir, Syamsuri Syamsuri, dan Novaliyosi Novaliyosi. 2020. “Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang Dan Data.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4 (1): 331–45.

Arsyad, N, A Asdar, dan M Muthmainnah. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Penalaran, Dan Komunikasi Matematis, Serta Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 Sinjai Putra.” Issues in Mathematics Education (IMED) 2 (1): 55–70.

Gusti Ayu Sugiantari, Gede Sedanayasa, I Wayan Widiana. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 4 (1): 1–10.

Ibrahim dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Ikhsan Ibrahim, Muh, dan Muh Dinar, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, and Universitas Negeri Makassar. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika.” Issues in Mathematics Education (IMED) 1 (1): 26–32.

Lestari, Witri. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Analisa 3 (1): 76–84.

Luh Gede Dita Ernayanti, Nyoman Dantes, Desak Putu Parmiti. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD.” Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD 4 (1): 1–10.

Mayang Sari, Ayu, Novi Susanti, dan Rahayu. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika 4 (2): 61–68.

N.K.Sukarini. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 11 (1): 12–21.

Novianti, Chatarina, Berty Sadipun, dan John M Balan. 2020. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.” Science, and Physics Education Journal (SPEJ) 3 (2): 57–75.

Russefendi E. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sibuea, Mustika Fitri Larasati. 2017. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Mathematics Education and Science) 2 (2): 44–51.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Published
2023-09-20