MENGUAK TANTANGAN MATEMATIKA: MEMAHAMI KESALAHAN SISWA DARI PERSPEKTIF GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

  • Takdirmin Takdirmin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Randy Saputra Mahmud Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: analisis kesalahan, gaya kognitif, soal matematika

Abstract

Penelitian ini menganalisis tantangan siswa dalam belajar matematika dari perspektif gaya kognitif field-dependent (FD) dan field-independent (FI). Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa gaya kognitif siswa mempengaruhi pemahaman dan kinerja siswa dalam matematika. Namun, pemahaman yang komprehensif tentang jenis kesalahan umum dan faktor-faktor yang mempengaruhinya masih kurang, meskipun penyelidikan sebelumnya tentang hubungan antara gaya kognitif FD dan FI dan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di kelas VIII salah satu SMP di Kabupaten Sidrap. Pengumpulan data menggunakan instrumen GEFT, tes matematika, dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Temuan menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FD cenderung mengandalkan konteks eksternal, fokus pada detail dan informasi spesifik, dan memerlukan instruksi yang jelas untuk memproses informasi matematika. Di sisi lain, siswa dengan gaya kognitif FI cenderung melepaskan diri dari konteks eksternal, fokus pada konsep dan prinsip, serta memiliki kemampuan kerja yang mandiri. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan gaya kognitif FD dan FI dapat dikaitkan dengan faktor-faktor seperti ketergantungan pada konteks eksternal, kurangnya pemahaman konsep matematika, dan kurangnya pemahaman prosedur operasi matematika yang benar.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60.

Alnar, A., Minggi, I., Mahmud, R.S., Syamsuadi, A., Arriah, F. (2022). Profil pemecahan masalah teorema Pythagoras ditinjau dari perbedaan gaya kognitif siswa. JRGI: Jurnal Riset Guru Indonesia. 1(2), 63-69.

Amir, Z. (2015). Mengungkap seni bermatematika dalam pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60-78.

Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I.M. (2019). Proses berpikir siswa field dependent dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan tahapan polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 923-937.

Mahmud, R.S., & Takdirmin. (2022). Batu sandungan calon guru matematika dalam visualisasi konsep limit fungsi. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 389-398.

Mauliandri, R., & Kartini. (2020). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar pada siswa smp. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107–123.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Mutlu, M., & Temiz, BK. (2013). Science process skills of students having field dependent and field independent cognitive styles. Educational Research and Reviews, 8(11), 766-776. doi: 10.5897/ERR2012.1104

Nurmutia, H. E. (2019). Pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 98-103.

Nurussafa’at, F.A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dengan fong’s shcematic model for error analysis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174-187.

Purwanti, R.D., Pratiwi, D.D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.

Putri, A.A., & Sasomo, B. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari gaya kognitif. Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM), 2(2), 64-68.

Safira, D., Wibawa, K.A., & Noviyanti, P.L. (2023). Analisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal tipe pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif fi dan fd. PEMANTIK, 3(1), 53-62.

Sulistio, W., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2019). Klasifikasi kesalahan siswa kelas vii tentang materi himpunan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 706–711.

Sundayana, R., & Parani, C.E. (2023). Analyzing students’ errors in solving trigonometric problems using newman’s procedure based on students’ cognitive style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144.

Taufik, A., (2020). Deskripsi Pembelajaran Matematika Dengan Metode Socrates Dalam Pendekatan Kontekstual di SMP. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-7.

Zakiah, N.E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147.

Published
2023-03-27