PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MATH ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 5 SINANGGUL

  • Ana Visia Eka Putri Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Nina Sofiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: media pembelajaran, animaker, numerasi

Abstract

Kemampuan numerasi sangat diperlukan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar masih tergolong rendah, untuk itu diperlukan adanya media yang menarik guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, menguji kelayakan, serta menguji efektivitas media pembelajaran video Math Animaker. Metode penelitian ini yaitu Reseach and Development (R&D) menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall dengan 7 dari 10 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video Math Animaker mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Hal tersebut diketahui melalui perolehan persentase kelayakan dari ahli materi 76%, ahli media 94%, respon guru 86% dan respon siswa 96%. Analisis keefektifan media video Math Animaker dilakukan melalui uji hipotesis berupa uji T-tes (Paired Sample T-test), hasil output diketahui Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan numerasi sebelum dan sesudah menggunakan media video Math Animaker. Sedangkan hasil uji N-gain memperoleh nilai 0,65 dengan kategori sedang serta tafsiran cukup efektif.

References

Ailulia, R., Putri, A. V. E., & Rohmah, H. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Plotagon Fan Math Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sowan Lor. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung Ke-4, November, 53–64. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27312%25

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pendagogy.v6i2.1607

Darmono, A. darmono, & Wenda, D. D. N. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Rama Berbasis Kinemaster pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 6(2), 55–66. https://doi.org/10.56997/kurikula.v6i2.700

Hamidaturrohmah, Zumala, F., Hasanah, U., & Suroyya, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 1(2), 122–131.

Hartatik, S., & Nafi’ah. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

Herawati, S. S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Animaker Pokok Bahasan Materi Dan Perubahannya Di Kelas VII SMP. In Skripsi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Intaniasari, Y., & Utami, R. . (2021). Menumbuhkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17752

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Lastyanggun, E. T. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Animaker Materi Alat Gerak Dan Fungsinya Pada Manusia Untuk Siswa Kelas V. In Skripsi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341

Mahmud, S., Isro’ani, F., Pebriana, P. H., Karim, A. R., & Noto, M. S. (2023). Media Pembelajaran. Cirebon: Lovrinz Publishing.

Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, & Nikmah, S. Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Masyhadi, I. (2021). Capaian Literasi, Numerasi dan Karakter Siswa Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. 14 April 2022. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/capaian-literasi-numerasi-dan-karakter-siswa-di-provinsi-jawa-tengah-tahun-2021/

Munawar, B., Hasyim, A. F., & Ma’arif, M. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker. Jurnal Golden Age, 04(2), 310–320. doi: https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2473

Nisa, K. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV MIN 8 Aceh Besar [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh]. In Skripsi UIN Ar-Raniry Darussalam. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17703/

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355

Reinita, R., & Fitria, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi Dengan Aplikasi Adobe After Effect Kelas IV Sekolah Dasar. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 98.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Satria, M. H., Soekamto, H., Sahrina, A., & Utomo, D. H. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Audio Visual Powtoon pada Materi Siklus Air. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 667–681. https://doi.org/10.17977/um063v3i6p667-681

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2023-09-16