PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN PASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

  • Chintya Dea Aurelya Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Saiful Bahri Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: LKPD, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menhasilkan LKPD etnomatematika yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MT SKB 3 Menteri Bingkat. Produk yang dikembangkan berupa materi edukasi LKPD yang meliputi kubus dan balok.  ADDIE yang meliputi analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi digunakan sebagai model penelitian pengembangan. Instrumen yang digunakan terdiri dari tabel tes validasi, tabel praktikalitas dan tes matematika. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validitas LKPD masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 90%, sedangkan hasil praktikalitas LKPD masuk dalam kategori sangat praktis  dengan  rata-rata 90,43%. hasil pre-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan dilema matematis, dan pada post-test siswa mencapai nilai konfirmasi sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis mengalami peningkatan.

References

Aisyah Aini, N., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2, 28–34. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jpmu%0A

Andi, P., Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.977

Bahri, S. (2020). Pengembangan Peta Konsep Pada Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 13–23.

Baktiar, P. (2021). Berbasis Etnomatematika Dengan Permainan Engklek Kelas Vii Smp Negeri 1 Malangke Barat Berbasis Etnomatematika Dengan Permainan Engklek Kelas Vi Sd Negeri 1. 19–83.

Dea, C., Nasution, A., Zahari, C. L., Muslim, U., Al, N., Medan, W., Belajar, A., & Learning, P. B. (2023). AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ). 6(1), 61–68.

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.246

Manurung, M. R. A., & Prasetya, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Model E–Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16620%0Ahttp://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/16620/Skripsi Rizky Anshori Manurung.pdf?sequence=1

Penelitian, B., & Pendidikan, K. (2019). EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. 4, 51–71.

Ramadhani. (2018). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 1(1), 104–110..

Siregar, T. J., & Khayroiyah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 150–154. http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/85/75

Siska, S. (2022). Pengembangan Lkpd Matematika Materi Bangun Ruang Berbasis Etnomatika (Melalui Eksplorasi Alat Musik Tradisional Khas Batak Toba). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan …, 1, 1–9. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimedu/article/view/1186

Sustriani, N., & Nst, A. S. (2022). Etnomatematika Bentuk Jajanan Pasar Tradisional Di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 82–96.

Published
2023-09-20