PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

  • Muthmainnah Asmal
  • Akbar Taufik universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Media social, Prestasi akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan media sosial dengan prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode korelasional, Penentuan sampel dilakukan menggunakan jenis nonprobability Sampling dengan Teknik Sampling jenuh, dengan sampel sebanyak 37 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dan prestasi akademik mahasiswa, Hal ini dapat dilihat dari thitung 2.482 > nilai ttabel 2.030 dan nilai signifikansi 0,018<0,05. Sehingga hipotesis yang menyatakan diduga terdapat pengaruh media sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan matematika Universitas Pancasakti Makassar dapat diterima. Semakin baik mahasiswa memanfaatkan media social untuk pendukung perkuliahan maka semakin tinggi pula prestasi akademik mereka.

References

Aillerie, Karine dan Sarah McNicol. (2016). “Information literacy and social networking sites: challenges and stakes regarding teenagers’ uses” dalam ESSACHESS. Journal for Communication Studies, vol. 9, no. 2(18) / 2016: 89-100

Alciano, G. (2015). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak dan Remaja. Jurnal Mitra Manajement. Vol 7, No2, Hal 38-39.

Gloria, S. A., & Akbar, S. (2019). the Impact of Social Media Usage To Academic Performance. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 8(2), 68. https://doi.org/10.22146/jpki.45497

Gurcan HI. (2015). Contribution of social media to the student’s academic performance. International Journal of Information and Education Technology;5(12):965-68.

Hamzah, Radja Erland. (2015). Penggunaan Media Sosial di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. Wacana Jurnal Ilmiah. 2015; 14(1): 45-70

Kandell, J. J, (1998), Internet Addiction On Campus: The Vulnerability Of College Students, Cyberpsychology & Behavior Vol 1, No. 1

Leonardi, P. M. (2011). When Flexible Routines Meet Flexible Technologies: Affordance, Constraint, and The Imbrication of Human and Material Agencies. MIS Quarterly: Management Information Systems, 35(1), 147–167. https://doi.org/10.2307/23043493.

Nasrullah, R. 2015 Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Prakoso, Septyanto Galan, Monika Sri Yuliarti, and Likha Sari Anggreni. (2017). “The Importance of Social Media Literacy for Students in Globalization Age” dalam The International Conference on Design and Technology, KnE Social Sciences, 191–197. DOI 10.18502/kss.v2i4.886.

Pramudawardani A. (2016).Pengaruh intensitas penggunaan jejaring sosial facebook dan twitter terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan IPS;2(2):2-18

Setyaningrum DG, Sultoni, Huda M. (2016). Hubungan penggunaan media jejaring sosial dengan prestasi akademik mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang [Skripsi]. Malang (Indonesia): Universitas Negeri Malang.

Supriyanto, Acmad Sani Dan Masyhuri Machfudz. (2010). Metodelogi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN Maliki Press.

Published
2023-09-15