PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK MENGGUNAKAN APLIKASI BOOK CREATOR PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

  • Suryanti Suryanti
  • Irfan Arsid Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: e-book, book creator, persamaan lingkaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan kualitas e-book menggunakan book creator  dengan materi persamaan lingkaran ditinjau dari kevalidan, efektifitas, dan kepraktisan. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang melibatkan 2 orang guru matematika dan 30 orang siswa. Dalam uji coba penggunaan, subjek ujinya adalah satu kelas. Instrumen penelitian meliputi instrumen validasi produk materi dan desain, instrumen persepsi guru dan siswa untuk mengetahui keefektifan buku elektronik menggunakan book creator, instrumen observasi, dan tes pilihan ganda dengan lima alternatif pilihan jawaban. Untuk instrumen tes pilihan ganda, terlebih dahulu melakukan uji coba untuk memastikan bahwa tes yang digunakan berkualitas tinggi, kemudian melakukan analisis item. Analisis ini digunakan untuk mengetahui validitas, daya pembeda, indeks kesukaran, dan reliabilitas. Hasil penelitian ini: e-book menggunakan book creator pada materi persamaan lingkaran memiliki kualitas baik karena telah memenuhi 3 aspek yaitu valid, efektif dan praktis.

References

Ahuja, and H.K Goel, 2010. E-Books: basic issues, advantages an disadvantages (International Research Journal 2010), h.31

Amalia, F, dan R Kustijono, 2017. “Efektifitas Penggunaan E-Book Dengan Sigil Untuk Melatihkan Kemampuan Berfikir Kritis”, SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2017 “Menghilirkan Penelitian-penelitian Fisika Dan Pembeajarannya”, 25 (2017), h.84

Depdiknas. 2010. Jugnis Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Ernawati, A., Ibrahim, M, M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 96–109.

Hamimi, L., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran pembuktian menggunakan model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan geometri siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 16–26.

Sanjaya, W., (2011) Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana, Prenada Media Group

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Towner, R. & Carrera, L. (2019). Supporting language learners with Book Creator [E-redear Version]. Diakses di https://read.bookcreator.com /library/- LCESe5qTaw-qLZCBqm3/book/k4SA4B5_SJ-L93mTB4U76w

__________. 2019. Pembuatan Media Ajar dengan Book Creator. Diakses di http://smkistektegal.sch.id/v2/berita/detail/pembuatan-media-ajar-dengan-book-creator).

Published
2023-09-15