EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BATAUGA

  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nasda Nasda Universitas Dayanu Ikhsanuddin
Keywords: Model Pembelajaran Numered Head Together, Minat Belajar

Abstract

ABSTRAK

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Numbered Head Together efektif ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga.  Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA dan VIIB. kelas VIIB  sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas VIIA Sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvesional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini seacara deskriptif nilai rata-rata minat beajar setelah perlakuan kelas eksperiment dan kelas kontrol dengan nilai berturut-turut 28,21 dan 17,30. Sedangkan berdasarkan analisis inferensial menjelaskan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dengan nilai pada uji normalitas dikedua kelas 0,200 > 0,05 dan  nilai pada uji homogen sebesar 0,290 > 0,05. Data minat belajar selanjutnya di uji dengan independent sample test.  Hasil uji independent sample test minat belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together menunjukan nilai sig. 0,003 < 0,05. Dan hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together efektif ditinaju dari minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. jakarta: PT. Renika Cipta.

Damayanti, Y. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Baubau.” Baubau: FKIP Unidayan.

Ismail. 2019. “Eektifitas Metode Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Ditinjau Dari Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau.” Baubau: FKIP Unidayan.

Purnomo, Puji, and Maria Sekar Palupi. 2016. “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V.” Jurnal Penelitian 20(2):151–57.

Setyosari Punaji. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Sunarsih, W. 2020. Pembelajaran CTL ( Contextual Teach and Learning ), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.

Syafrullah. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tanamir, M. D. 2016. “Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri Kabupaten Tanah Datar”. JurnalCurricula, 1 (2), 41-51.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Zakiyah Anwar dkk. 2018. “Meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing melalui taksonomi bloom”. Jurnal Noken 3(2).

Published
2023-09-29