ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS <p>ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal of Mathematics Study Program Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University Makassar. This journal continuously publishes scientific work that focuses on the development of Mathematics studies, Mathematics Education, Curriculum Development, Learning Environment, Teacher Education, Educational Technology, Educational Development.</p> <p>Articles published in ELIPS include original scientific research results (top priority), new scientific review articles (not priority). Articles to be published by ELIPS will be reviewed by internal and external editors. The decision to accept a scientific article in this journal is the right of the Editor.</p> en-US akbar.taufik@unpacti.ac.id (Akbar) irfanarsid988@gmail.com (Irfan Arsid) Fri, 29 Mar 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG LIMAS SEGITIGA SISWA KELAS V https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1023 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa pada materi volume bangun ruang limas segitiga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 7 Prabumulih dan guru kelas V. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Jenis <em>learning obstacle</em> yang difokuskan pada penelitian ini adalah <em>ontogenic obstacle</em>, <em>didactical obstacle</em> dan <em>epistemological obstacle</em>. Identifikasi <em>learning obstacle</em> pada penelitian ini dapat dilihat dari tes diagnostik <em>learning obstacle</em>, hasil wawancara guru dan siswa, hasil analisis RPP dan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat hambatan belajar pada materi volume bangun ruang limas segitiga yaitu 1) <em>Ontogenic obstacle</em>, terkait kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika, kurang kesiapan dan kurangnya pengusaan konsep dasar materi, 2) <em>Didactical obstacle</em>, terkait perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran, 3) <em>Epistemological obstacle</em>, terkait siswa tidak memahami cara menentukan volume limas segitiga, siswa tidak memahami strategi penyelesaian soal, siswa tidak memahami menyelesaikan masalah dalam volume limas segitiga pada soal cerita.</p> Annisa Rahmadianti, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Nora Surmilasari ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1023 Thu, 04 Apr 2024 14:59:22 +0000 ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS KONSEP INTEGRAL SISWA/SISWI KELAS XII MIPA 7 SMAN 13 MEDAN https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1088 <p>Integral merupakan invers atau kebalikan dari diferensial. Dalam arti lain, integral adalah antiturunan dari proses hitung diferensial. Jika dalam diferensial kita terlebih dahulu mengetahui pernyataan kemudian mencari turunan, maka dalam integral kita mengetahui turunan terlebih dahulu untuk mencari pernyataan.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMAN 13 MEDAN&nbsp; kelas XII MIPA 7 pada materi Integral. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII salah satu SMA Negeri di kota Medan.yang berjumlah dua orang laki-laki. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi kasus dengan menganalisis jawaban siswa dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan lembar wawancara. Tes digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kemampuan pemahaman matematis siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengecek jawaban terhadap soal yang telah dikerjakan oleh siswa. Hasil yang diperoleh adalah siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi dengan persentase 80%, sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang dengan persentase 15%. Dengan kata lain, siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang.</p> Ramawati Ramawati, Sherly Aprillia, Dela Puspita, Siti Anggraini, Desniarti Desniarti ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1088 Thu, 04 Apr 2024 15:13:02 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1185 <p class="abstrak"><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria',serif; color: black;">Proses berpikir kritis matematis siswa masih rendah seperti siswa cenderung menghafal materi dan rumus daripada memahami konsep serta kesulitan menyelesaikan masalah yang membutuhkan analisis dan strategi. Sehingga, perlu ditemukan solusi dengan menerapkan model yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran <em>Discovery Learning. </em>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada pokok bahasan persamaan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri&nbsp;</span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria Math',serif; color: black;">1</span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria',serif; color: black;"> Lamongan, dengan sampel sebanyak </span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria Math',serif; color: black;">69</span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria',serif; color: black;"> siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik <em>Purposive Sampling</em>. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi dan tes. Data diuji dengan menggunakan n-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan rata-rata nilai <em>posttest</em> kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai </span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria Math',serif; color: black;">sig (2-tailed) </span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria',serif; color: black;">kurang dari&nbsp;</span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria Math',serif; color: black;">0,05 (0,000&lt;0,05)</span><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Cambria',serif; color: black;"> maka diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.</span></p> Anis Hilda Intani, Rahma Febriyanti, Rayinda Aseti Prafianti ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1185 Thu, 04 Apr 2024 15:21:56 +0000 ETNOMATEMATIKA TARI DOLALAK ASAL PURWOREJO DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1058 <p>Tari Dolalak merupakan salah satu bentuk tarian tradisional daerah Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya lokal melalui kacamata etnomatematika dan penerapannya dalam budaya lokal saat ini, serta mengubah matematika untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah teknik penelitian kepustakaan atau yang sering disebut dengan studi pustaka untuk mengetahui bentuk-bentuk kebudayaan yang ada di daerah Purworejo khususnya tari dolalak yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian mengungkapkan terdapat beberapa aspek dari tari dolalak yang dapat diterapkan dalam pembelajaran etnomatematika. Beberapa aspek tersebut meliputi bentuk bangun datar dari pola gera tari, waktu yang diperlukan dalam tari, bentuk gerakan yang diimplementasikan dengan Fibonacci sequence dan prinsip simetri, ritme gerakan serta ketukan yang diimplementasikan dengan metrum dan fraktal, perhitungan jarak dan waktu, pembagian ruang dalam formasi penari, dan transisi gerakan dalam beberapa waktu. Temuan ini dapat diterapkan pada pendidikan matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep abstrak dan meningkatkan kesadaran&nbsp;budaya.</p> Fidencia Mytha P.S., Dionisius Dhina Prabawa, Marcellinus Andy R. ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1058 Fri, 12 Apr 2024 13:10:24 +0000 PENGARUH GAME INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN NO. 138 INPRES MANGULABBE https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1169 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Alternatif media yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah media <em>game</em> interaktif <em>wordwall</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran <em>game</em> interaktif <em>wordwall</em> terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan <em>one-group pre-test and post-test design</em>. Teknik pengumpulan data motivasi menggunakan kuesioner, sedangkan pengumpulan data hasil belajar adalah <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS Statistic versi 2.6. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN No. 138 Inpres Mangulabbe. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata <em>post-test</em> 83,33. Berdasarkan hasil uji hipotesis independent sampel t-test, nilai Sig. (2-tailed) equal variance assumed memperoleh 0,000 yang menunjukkan bahwa 0,000 &lt; 0,05 atau dengan kata lain H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima, yang berarti terdapat pengaruh media <em>game</em> interaktif <em>wordwall</em> terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN No. 138 Inpres Mangulabbe.</p> Nurul Awalyah, Hidayah Quraisy, Suardi Suardi ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1169 Fri, 12 Apr 2024 13:24:09 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DALAM SOAL CERITA PESERTA DIDIK https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1096 <p>Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran <em>Think Talk Write</em> (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika dalam soal cerita peserta didik kelas VIII SMPS Al-Ihsan Lekopancing. Jenis penelitian ini adalah <em>Quasi Experimen</em> dengan Desain penelitian <em>Nonequivalent Control Group Design</em>. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu <em>Purposive Sampling</em>. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar peserta didik yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata <em>N</em>-Gain kelas eksperimen 0,84 dengan kategori tinggi sedangkan rata-rata hasil <em>N</em>-Gain kelas kontrol 0,57 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2- tailed) = 0,000 &lt; 1/2 α = 0,0025 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran <em>Think Talk Write</em> (TTW) terhadap kemampuan pemodelan matematika dalam soal cerita peserta didik kelas VIII SMPS Al-Ihsan Lekopancing.</p> Nurlina Nurlina, Rahmawati Rahmawati, A. Muhajir Nasir ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1096 Fri, 12 Apr 2024 13:30:31 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI WRITING TO LEARN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SENDANA https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1062 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan strategi <em>writing to learn</em> lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional<strong>. </strong>Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan bentuk <em>pretest-posttest control group design.</em> Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sendana tahun ajaran 2023/2024. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian angket dan pemberian tes. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>probability sampling </em>berupa <em>cluster random sampling</em>. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analasis inferensial. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan strategi pembelajaran <em>writing to learn</em> lebih tinggi dibandingkan&nbsp; kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (<em>indpendent samples test</em>) untuk menguji perbedaan statistik antara rata-rata dua kelompok, untuk pemahaman konsep matematika siswa hasilnya menolak H₀ dan menerima H₁ begitu pun dengan kemampuan komunikasi siswa yang hasilnya menolak H₀ dan menerima H₁.</p> Nursafitri Amin, Selpi Selpi, Rezki Amaliyah AR ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1062 Fri, 12 Apr 2024 00:00:00 +0000 KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1280 <p>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian <em>Ex Post Facto. </em>Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII. 4 UPTD SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 26 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah <em>Cluster Random Sampling. </em>Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar tes uraian sebanyak 3 nomor pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) untuk mengetahui kemampuan HOTS dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;sebanyak 26 responden dimana Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 70,91 dan standar deviasi sebesar 9,04</p> Asrinan Asrinan ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1280 Fri, 29 Mar 2024 00:00:00 +0000