Analisis Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes Kabupaten Muna

  • Muhammad Guntur Dano Program Studi DIII Administasi Rumah Sakit, Universitas Karya Persada Muna
Keywords: Manajemen Pelayanan, Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Rumah sakit diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, agar masyarakat dapat hidup sehat dan mencapai tujuan pembangunan kesehatan yang merata. Ada tiga pihak yang terlibat dalam pelayanan kesehatan di Rumah sakit, yaitu pihak penyedia dan pemberi pelayanan dan pihak pengguna layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk manajemen pelayanan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes terhadap kualitas pelayanan publik di Kabupaten Muna. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan sampel berjumlah 30 orang, yaitu terdiri dari dokter, perawat, petugas administrasi, serta pasien rawat jalan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Rumah Sakit Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes  dilihat berdasarkan Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Tangibility (Keberwujudan), Assurance (Jaminan), dan Empati sudah terpenuhi dengan baik sedangkan sistem pelayanan yang dimiliki sudah memenuhi prinsip kesederhanaan dan kejelasan. Manajemen kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes, secara umum dinilai telah baik.

References

Anfal, A. L. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan’, Excellent Midwifery Journal, 3(2), pp. 1–19.

Azwar, A. (2002) Pengantar Aministrasi Kesehatan. Jakarta: PT.Bina Aksara.

Caesary Merybella, P. O. (2022) ‘Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien’, Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(11).

Daryanto dan Setyobudi Ismanto (2014) Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

H. B. Sutopo (2002) Metode Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS.

Hajrah (2022) ‘Manajemen Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep’, Kaizen, 1(1).

Hardiyansyah (2018) Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hartono, B. (2010) Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.

Khainuddin, Heri Kusmanto, I. (2019) ‘Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam’, Jurnal ilmiahmagister administrasi publik, 1(1).

Lexy J. Moleong (2009) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marlindawaty (2018) ‘Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Publik Di Rumah Sakit Khusus Bersalin (RSKB) Sayang Ibu Balikpapan’, Jurnal EKSEKUTIF, 15(1).

Ratminto & Atik Septi Winarsih (2006) Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, F. X. H., Simbolon, N. I., & Monica, E. (2021) ‘Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang’, HARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 18(1), pp. 10–20.

Ulumiyah, N. H. (2018) ‘Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan penerapan upaya keselamatan pasien di puskesmas’, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), pp. 149–155.
Published
2023-12-07
How to Cite
Dano, M. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. L. M. Baharuddin, M.Kes Kabupaten Muna. urnal romotif reventif, 6(6), 846-853. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i6.1027