Gambaran Pengetahuan dan Konsep Diri Remaja Berkaitan Dengan Obesitas: Studi Kualitatif

  • Aisyah Warsid Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Pertiwi Luwu Raya Palopo
  • Hasriany Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Pertiwi Luwu Raya Palopo
  • Sumarlan Sumarlan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Pertiwi Luwu Raya, Palopo
  • Tonsisius Jehaman STIKES Bhakti Pertiwi Luwu Raya
  • Delta Delta Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Pertiwi Luwu Raya, Palopo
Keywords: Pengetahuan, Konsep Diri, Obesitas, Remaja

Abstract

Situasi gizi remaja di Indonesia mengalami tiga beban gizi yang terdiri dari kekurangan giz,i kelebihan berat badan dengan obesitas, dan juga kekurangan gizi mikro, pada individu, rumah tangga dan populasi serta disepanjang siklus hidup. Survei UNICEF tahun 2017 menyoroti bahwa kekurangan dan kelebihan gizi terus berlanjut di kalangan remaja Indonesia yang ditunjukkan oleh adanya kekurusan (6,4%) serta kelebihan berat badan (8,9%) dan obesitas (4,0%) secara bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan konsep diri remaja tentang obesitas di SMA 4 Palopo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologi pada 4 informan usia 16-18 tahun dengan status gizi kegemukan dan obesitas. Gambaran pengetahuan remaja di SMA Negeri 4 Palopo tentang obesitas menunjukkan masih ada remaja yang belum familiar dengan istilah obesitas, dan pemahaman informan terkait pengertian obesitas hanya terbatas pada penampakan secara fisik saja. Sumber informasi informan dari sosial media, keluarga dan guru sekolah. Gambaran penilaian tentang konsep diri, salah satu informan yang memiliki citra positif terhadap dirinya walaupun dengan kondisi obesitas. Semua informan memiliki keinginan untuk mencapai konsep diri yang ideal, hal ini terlihat dari keinginan untuk mencapai berat badan tertentu seperti publik figur untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal.

References

Afifah, C.A.N., Ruhana, A., Dini, C.Y. & Pratama, S.A. 2022. Buku Ajar Gizi dalam Daur Kehidupan. E.S. Wahyuni & S. Sulandjari, Eds. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Amir, S., Adhar, S.K., Haris & Baharuddin, R. 2023. Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Remaja tentang Obesitas di SMA Negeri 1 Kota Tarakan. journal Borneo: Science Technology and Health Journal. 2(1):26–33.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2013. Laporan Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2019. Laporan Nasional Rieskesdas 2018. Jakarta.

Calhoun, J.F. & Acocella, J.R. 1990. Psychology of Adjustment and Human Relationship. New York: McGraw-Hill, Inc.

Claudia, W. 2016. Konsep Diri Remaja Putri Obesitas. JO FISIP. 3(2).

Dars, S., Sayed, K. & Yousufzai, Z. 2014. Relationship of Menstrual Irregularities to BMI and Nutritional Status in Adolescent Girls. Pakistan Journal of Medical Science. 30(1):141–144.

Global Nutrition Report. 2021. 2021 Global Nutrition Report: The State of Global Nutrition. Bristol, UK.

Harleni. 2018. Gambaran Pengetahuan Remaja tentang Obesitas di SMA N 1 IV Koto Agam Sumatera Barat Tahun 2017. Prosiding Seminat Kesehatan Perintis. 1(1).

Khodijah, D., Lukman, E. & Munigar, M. 2013. Obesitas dengan Kualitas Hidup Remaja. Jurnal Health Quality. 3(2):69–140.

Lingga, M. 2011. Studi tentang Pengetahuan Gizi, Kebiasaan makan, Aktifitas Fisik, Status Gizi dan Body Image Remaja Putri yang berstatus Gizi Normal dan Gemuk/Obes di SMA Budi Mulia Bogor. IPB University.

Milla, S.Y., Mudayatiningsih, S. & Dewi, N. 2018. Hubungan Obesitas dengan Gangguan Menstruasi pada Remaja Putri di Kelurahan Tlogomas. Nursing News. 3(1).

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Restuastuti, T., Jihadi, M. & Ernalia, Y. 2016. Hubungan Pola Makan dan Aktifitas Fisik terhadap Obesitas pada Remaja di SMA Negeri 5 Pekanbaru. JOM FK. 3(1).

Saraswati, S.K., Rahmaningrum, F.D., Pahsya, M.N.Z., Paramitha, N., Wulansari, A., Ristanty, A.R., Sinabutar, B.M., Pakpahan, V.E., et al. 2021. Literature Review: Faktor Risiko Penyebab Obesitas. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 20(1):70–74.

Sari, P., Hilamanto, D., Dhamayanti, M. & Ma’ruf, T. layalia H. 2022. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Remaja. 1st ed. M. Nasrudin, Ed. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sjarif, D. 2004. Anak Gemuk, Apakah Sehat? Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Taylor, S.E., Peplau, L.A., Sears, D.O. & Tri, W.B.S. 2009. Psikologi Sosial. 12th ed. Jakarta: Kencana.

Tim Penulis Fakultas Psikologi UI. 2009. Psikolgi Sosial. 2nd ed. E.A. Meinarno & S.W. Sarwono, Eds. Jakarta: Salemba Humanika.

United Nation Children’s Fund. 2021. Strategi Komunikasi Perubahan Sosial dan Perilaku: Meningkatan Gizi Remaja di Indonesia. Jakarta.

World Health Organization. 2000. Preventing and Managing The Global Epidemic: Report of a WHO Consultation. Geneva.

Wulandari, P., Arifianto & Aini, N. 2016. Hubungan Obesitas dengan Harga Diri (Self-Esteem) pada Remaja Putri SMA Negeri 13 Semarang. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing). 11(2).

Zaki, I. & Sari, H.P. 2019. Edukasi Gizi Berbasis Media Sosial Meningkatkan Pengetahuan dan Asupan Energi-Protein Remaja Putri dengan Kurang Energi Kronik (KEK). Gizi Indonesia: Journal of The Indonesian Nutrition Association. 42(2):111–122
Published
2023-12-10
How to Cite
Warsid, A., Arifin, H., Sumarlan, S., Jehaman, T., & Delta, D. (2023). Gambaran Pengetahuan dan Konsep Diri Remaja Berkaitan Dengan Obesitas: Studi Kualitatif. urnal romotif reventif, 6(6), 854-861. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i6.1036