Hubungan Kompensasi dan Promosi Jabatan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Instalasi Rawat Inap RSU Tangerang Selatan

  • Hardiman SG Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Susi Lestari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Januar Ariyanto Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azizah Zen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Kepuasan Kerja, Kompensasi, Promosi Jabatan

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu tanda organisasi telah dikelola dengan baik, kepuasan kerja berhubungan erat dengan perasaan atau sikap seseorang terhadap pekerjaan itu sendiri seperti gaji, kesempatan promosi atau pendidikan, rekan kerja, beban kerja, dan pengawasan atau supervisi. Data dari RSU Kota Tangerang Selatan menyatakan bahwa beban kerja produktif secara keseluruhan terhadap tenaga perawat di instalasi rawat inap sebesar 86,9% -90,31%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompensasi dan promosi jabatan terjadap kepuasan kerja perawat. Metode penelitian yang dipakai dengan pendekatan kuantitatif dan desain studi cross sectional yang bersifat deskriptif analitik menggunakan total sampling sebanyak 59 perawat. Sebanyak 52,5% perawat berpendapat tidak baik dengan sistem kompensasi, 78% perawat berpendapat tidak baik terhadap pelatihan, 35,6% menjawab tidak baik terhadap promosi jabatan. Ada hubungan antara kompensasi (P=0,003) dan promosi jabatan (P=0,014) dengan kepuasan kerja. Pemberian kompensasi dan prmosi jabatan terhadap karyawan yang adil dan layak dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

References

Aiken, L. e. a., 2011. Importance Of Work Environments On Hospital Outcomes In Nine Countries. International Journal For Qualityin Health Care, 24(4).

Bachtiar, E., 2016. Analisis Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Paru Pamekasan. Journal Adi Husada Nursing, 2(1).

Hasibuan, 2001. Human Resource Management. Jakarta: Bumi Aksara.

Ima Pamngulimang, d., 2019. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD Lapangan Sawang. Jurnal Kesmas, 8(6).

Robbins, 2002. Prinsi-Prinsip Perilaku Organisasi. 5 ed. Jakarta: Erlangga.

Robbins, 2010. Manajemen. 1 ed. Jakarta: Erlangga.

Rumiati, 2011. Analisa Hubungan Kepuasan Kerja Karyawan Medis dan Komitmen Organisasi Di RS Dr.Kariadi Semarang, Semarang: Universitas Diponogoro.

Sawitri, F. d., 2017. Pengaruh Reward, Insetif, pembagian Tugas dan Pengembangan Karir Pada Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Ortopedi Prof.Dr.R Soeharso Surakarta.. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Sriawan, F., 2013. Hubungan Antara Promosi dan Kompensasi Dengan Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Umum GMIM Kalooran Amurang, Manado: Universitas Sang Ratulangi.

Triwijayanti, 2017. Hubungan Antara Kepuasan Kerja Perawat Dengan Komitmen Organisasi Di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatn, 4(1).

Wolo, 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat Pada RSUD TNI AU Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(2)
Published
2023-12-16
How to Cite
SG, H., Lestari, S., Ariyanto, J., & Zen, A. (2023). Hubungan Kompensasi dan Promosi Jabatan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Instalasi Rawat Inap RSU Tangerang Selatan. urnal romotif reventif, 6(6), 903-907. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i6.1050

Most read articles by the same author(s)