Hubungan Screen Time Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah di Kecamatan Karanglewas
Abstract
Indonesia menduduki peringkat teratas sebagai negara yang paling ketagihan smartphone dengan penggunaan selama 181 menit per hari. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan screen time terhadap perkembangan sosial anak usia prasekolah di kecamatan karanglewas. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia prasekolah di 24 Taman Kanak-Kanak Kecamatan Karanglewas berjumlah 687 siswa. Sampel sebanyak 253 anak diperoleh dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian gambaran screen time di TK Kecamatan Karanglewas yaitu kategori tinggi sebanyak 205 anak (81,0%). Perkembangan sosial di TK Kecamatan Karanglewas kategori kurang sebanyak 116 anak (45,8%). Hasil uji chi square nilai p-value 0,001 <0,05. Maka H0 ditolak Ha diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan screen time terhadap perkembangan sosial usia prasekolah di Kecamatan Karanglewas.
References
Amalia, R. F., & Hamid, A. Y. S. (2020). Adiksi Smartphone, Kesehatan Mental Anak, dan Peranan Pola Asuh. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 221– 240
Anzida, F. (2020). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Jorong Taratak VIII Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(October), 3229–3241.
Juliadi. (2018). Penyebab Penggunaan Gadget Pada Remaja. Skripsi. Tidak Diterbitkan. FKIP Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam.
Kartika, T., Mutiudin, A. I., & Marlina, L. (2022). Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan. 6(2), 1002–1011.
Nofadina, H., Hidayati, N. O., & Adistie, F. (2021). Hubungan Screen Time Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Mutiara Ners, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i2.1654
Oktavia & Solfiah. (2022). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Hubungan Screen Time Dengan Kemampuan Sosial Anak 5-6 Tahun di TK Kelurahan Sukaramai Pekanbaru. Oktavia & Solfiah, 4, 12472–12481.
Lowe, S., & Sun, Y. (2023). Association between screen time and developmental and behavioral problems among children in the United States: evidence from 2018 to 2020 NSCH. Journal of Psychiatric Research, 161(February), 140–149. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.20 23.03.014
Resly, I. V., & Suminar, I. T. (2018). Hubungan Screen Time Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah Di SD Negeri Wonosari Baru Gunungkidul. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Reyes, G. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Pra Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sholihah, W., Allenidekania, & Rachmawati, I. N. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Memberikan Gadget Pada Anak. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1121–1131.
Simanjuntak, S. R. (2023). Literatur Review: Pengaruh Screen Time Terhadap Masalah Perilaku Anak. Jurnal Keperawatan, 11(1), 64–80.
Sjarkawi, (2015). Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral Intelektual, Emosional, Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Soetjiningsih., & Ranuh, IG. N. G. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Edisi 2. Jakarta: EGC
Srinahyanti, S., Wau, Y., Manurung, I., & Arjani, N. (2019). Influence of Gadget: A Positive and Negative Impact of Smartphone Usage for Early Child. https://doi.org/10.4108/eai.3-112018.2285692
WHO. (2020). Who guidelines on physical activity and sedentary behaviour.