Partisipasi Siswa Terhadap Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah di SMA 1 dan SMA 2 Kecamatan Nisam Aceh Utara

  • Suci Maulida Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Fahmi Ichwansyah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Mainita Mainita Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
Keywords: UKS, Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan sekolah sehat

Abstract

UKS (Usaha kesehatan sekolah) sebagai salah satu program pemerintah bidang kesehatan di lingkungan sekolah membutuhkan partisipasi siswa untuk mecapai keberhasilannya. Partisipasi siswa dalam pelaksanaan program UKS dibutuhkan untuk memastikan bahwa program UKS berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi siswa terhadap pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah. Desain penelitian ini adalah descriptive analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang ada di 2 SMA Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara sebanyak 532 siswa. Sampel diambil sebanyak 84 sampel dengan teknik secara propotional sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan P=0.148, tidak ada pengaruh pelayanan kesehatan P=0.105 dan tidak ada pengaruh pembinaan lingkungan sekolah sehat P=0.116 terhadap pelaksanaan program UKS di SMA 1 dan SMA 2 Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara tahun 2023. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program UKS di SMA 1 dan SMA 2 Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara tahun 2023 tidak dipengaruhi oleh pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah.

References

Asda Patria. 2016. Peran Serta Siswa Dalam Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Ngringin Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal kesehatan masyarakat. VOL. 09 NO. 02.

Atika E, Dkk. Analisis Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di SD Negeri Tlogosari Kulon 01Semarang. Jurnal Elementary Scholl. 2020.7(2).

Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan Program UKS dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 15-23.

Ervina, Tahlil, T., & Mulyadi. (2019). Pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(2), 11–21.

Gazali, Novri dan Leni Apriani, Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar, J Keolahragaan, 2018, Vol. 6(1): 20-28.

Gurning P.F & Daulay J.A. (2018). pembinaan puskesmas dalam pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah diwilayah kerja puskesmas padang matinggi kota padang sidempuan. jurnalitik, Vol.3 No.1 Mei 2018

Kemenkes RI, Revitalisasi UKS Tingkatkan Derajat Kesehatan Anak Bangsa, Jakarta: Kemenkes RI, 2016.

Kemenkes RI, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi Transformasi dalam Upaya Kesehatan di Lingkungan sekolah,Jakarta: Kemenkes RI, 2017.

Kemenkes RI, Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sekolah/Madrasah Sehat Tingkat SD/MI, Jakarta, 2018. Kemenkes RI, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Menjadi Transformasi dalam Upaya Kesehatan di Lingkungan Sekolah.

Lestari. 2019. Partisipasi Warga Sekolah Dalam Pelaksanan Program Usaha Kesehatan Sekolah Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan Vol. 8 Nomor 4 Tahun 2019

Mulyadi, et al., Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Puskesmas, Jurnal Ilmu Keperawatan, 2019, Vol.6(2).

Nugroho, Suryo, Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Grogol Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul, Skripsi: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

Pratikta. 2019. Hubungan Pendidikan Kesehatan Terhadap Partisipasi Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah. Skripsi. Bandung: UPI.

Simbolon, P., & Simorangkir, L. (2018). Penerapan UKS dengan PHBS di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA, 17(1).

Utami, T., Kusumawiranti, R., & Mali, M.G. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak di SDN Lempuyangwangi Kota Yogyakarta. Populika Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 9, No. 2, hal: 1-12.
Published
2023-12-30
How to Cite
Maulida, S., Ichwansyah, F., & Mainita, M. (2023). Partisipasi Siswa Terhadap Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah di SMA 1 dan SMA 2 Kecamatan Nisam Aceh Utara. urnal romotif reventif, 6(6), 935-942. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i6.1077