Pengaruh Kelas Digital Parenting Terhadap Pola Kontrol Orang Tua Pada Penggunaan Gadget Anak

  • Nailul Mustafidah Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Deisy Sri Hardini Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Kelas Digital Parenting, Gadget, Pola Kontrol

Abstract

Penggunaan perangkat elektronik seperti Smartphone dan computer, yang berlebih dapat mempengaruhi anak-anak lebih buruk dibandingkan kelompok usia lainnya. Peran orang tua dalam memantau dan mengontrol informasi yang diterima anak melalui gadget sangat penting dalam perkembangan otak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelas digital parenting terhadap pola kontrol orang tua dalam pengawasan, pembatasan, dan pendampingan anak pada penggunaan gadget di SDN Ledug. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Ledug Kecamatan Kembaran dengan 51 responden yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Hasil uji Mann-Whitney dari posttetst pola kontrol pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol mengahsilkan nilai p-value 0,000 (p < 0,05). Disimpulkan bahwa kelas Digital Parenting berpengaruh terhadap pola kontrol orang tua pada penggunaan gadget anak.

References

Andika, S. D., & Sodikin. (2022). Hubungan Kontrol Diri Dan Usia Dengan Kecanduan Smartphone Relationship between self-control and age with smartphone addiction ( Study on smartphone users in Kuta Village , Belik District , Pemalang Regency ). 3(1).

Azizah, L. N., M, N. O., Susanti, W., & Putri, P. (2017). Modul Pelatihan Parenting Di Era Digital. 1–54

Budi, M. E. P. (2021). Pelaksanaan kelas digital parenting bertema cara mencegah kecanduan gadget di masa golden age. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 23–38. https://doi.org/10.21154/rosyada.v1i1.2413

Ikhsan, L. M. (2018). Efektivitas Pelatihan Parenting Metode Studi Kasus Terhadap Peningkatan Pemahaman Pola Pengasuhan Bagi Orang Tua Siswa Kelas III A SDN Deresan Yogyakarta Effectiveness. 7(5), 491–499.

Jafri, Y., Yuni, S. R., & Sari, Y. P. (2018). Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 1(1), 1–19. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/62

Sholihah, Nurpratiwiningsih, L., & Muamar. (2022). Pengaruh Kecanduan Bermain Gadgetdan Kontrol Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kubangpari 02. 2022, 8(14), 317–325.

Stevanus, I., & Anindyta, P. (2022). Peran Digital Parenting Terhadap Penggunaan Gawai Anak SD. Publikasi Pendidikan, 12(1), 7–16. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/25494

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Yanti, F. P., Nasution, I. N., & Aiyuda, N. (2022). Berselancar di Internet untuk Menghilangkan Rasa Bosan Ketika Melakukan Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Psikologi, 109-114.

Yulia, N. M., & Cindarbumi, F. (2022). Mendidik Anak Digital: Pelatihan Parenting Bagi Orang Tua Dan Kader PKK. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).
Published
2023-12-30
How to Cite
Mustafidah, N., & Hardini, D. (2023). Pengaruh Kelas Digital Parenting Terhadap Pola Kontrol Orang Tua Pada Penggunaan Gadget Anak. urnal romotif reventif, 6(6), 928-934. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i6.1084