Media Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Anak Dalam Pencegahan Diare: Literature Review

  • Putri Reviana Ciptaningrum Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Sudaryanto Departemen Keperawatan Komunitas, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta https://orcid.org/0000-0002-5886-0295
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Anak, Diare, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Diare menjadi salah satu permasalahan utama di negara berkembang seperti Indonesia. Penyebab utama dari gizi kurang adalah diare. Selain itu, diare juga dapat menyebabkan kematian serta kejadian luar biasa. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu strategi untuk menanamkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan anak dalam pencegahan diare. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis media pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan diare. Proses literature review dilakukan dengan menyortir artikel-artikel dari basis data online seperti Google Scholar, Science Direct, dan Garuda (Garba Rujukan Digital) yang diterbitkan dalam tujuh tahun terakhir. Penelusuran menggunakan kata kunci pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, anak, diare dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Dari hasil analisis jurnal menggunakan metode diagram PRISMA didapatkan delapan artikel yang membahas mengenai berbagai media pendidikan kesehatan yang efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan diare. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan edukasi melalui berbagai media efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan diare.

References

Aqlina, D. S., Suryani, P., & Dimas. (2022). Effectiveness of Video Education in Efforts to Prevent Diarrhea in Class 3 Children at Madrasah Hasyim Asyari Pulosari Tulungagung. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(2), 107–107. https://doi.org/10.31290/jpk.v11i2.3386

Badan Pusat Statistik. (2023). Profil Statistik Kesehatan 2023. Www.bps.go.id. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/20/feffe5519c812d560bb131ca/profil-statistik-kesehatan-2023.html

Belinda, N. R., & Surya, L. S. (2021). Media Edukasi Dalam Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak-Anak. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(1), 55–60.

Ernawati, A. (2022). Media Promosi Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Stunting. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 18(2), 139–152. https://doi.org/10.33658/jl.v18i2.324

Fahira, N. N., Sihaloho, E. D., & Siregar, A. Y. M. (2021). Pengaruh Konsumsi Air dan Keberadaan Fasilitas Sanitasi terhadap Angka Diare pada Anak-Anak di Indonesia. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 6(2), 286–292. https://doi.org/10.14710/jekk.v6i2.10871

Hafni, I. (2023). The Influence of Game Media on Children’s Knowledge and Attitudes in Diarrhea Prevention at SDN Kembang Tanjong Sub-District. Journal of Social Research, 2(6), 1979–1995. https://doi.org/10.55324/josr.v2i6.960

Harahap, N. W., Arto, K. S., Supriatmo, & Dalimunthe, D. A. (2020). Hubungan Pengetahuan Anak tentang Cuci Tangan dengan Kejadian Diare di Desa Panobasan. Scripta Score Scientific Medical Journal, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.32734/scripta.v2i1.3392

Hidayah, M., & Sopiyandi, S. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Edukasi Buku Saku Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Diet Pasien Rawat Jalan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 1(2), 66. https://doi.org/10.30602/pnj.v1i2.290

J, H., Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video dan Poster terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75–85. https://doi.org/10.31539/jka.v1i1.747

Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657

Kusumawardani, L. H., Rekawati, E., & Fitriyani, P. F. (2019). Improving diarrhoeal and clean and healthy living behaviour (PHBS) through collaboration socio-dramatic play (Ko-Berdrama) in school age children. Sri Lanka Journal of Child Health, 48(3), 240. https://doi.org/10.4038/sljch.v48i3.8759

Kusumawardani, L. H., & Saputri, A. A. (2020). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 10(02), 31–38. https://doi.org/10.33221/jiiki.v10i02.514

Mufida, L., Yunitasari, E., & Ulfiana, E. (2021). Health Education of Clean and Healthy Lifestyle using Card Telling Methods towards Diarrhea Prevention Among Children in Elementary School. Pediomaternal Nursing Journal, 7(1), 8. https://doi.org/10.20473/pmnj.v7i1.21184

Mutmawardina, Rahman, H., Muhsanah, F., Asrina, A., & Hikmah B, N. (2023). Perbedaan Metode Ceramah Dan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Di SD Inpres Binanga 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022. Window of Public Health Journal, 4(2), 274–285. https://doi.org/10.33096/woph.v4i2.744

Otsuka, Y., Agestika, L., Widyarani, Sintawardani, N., & Yamauchi, T. (2019). Risk Factors for Undernutrition and Diarrhea Prevalence in an Urban Slum in Indonesia: Focus on Water, Sanitation, and Hygiene. The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, 100(3), 727–732. https://doi.org/10.4269/ajtmh.18-0063

Prawati, D. D., & Nasirul Haqi, D. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Diare Di Tambak Sari, Kota Surabaya. Jurnal PROMKES, 7(1), 34. https://doi.org/10.20473/jpk.v7.i1.2019.34-45

Richardson, R., & Collins, A. E. (2023). Infectious disease risk communication and engagement using puppetry and related approaches for improving handwashing with soap in an informal settlement of Nairobi. International Journal of Disaster Risk Reduction, 84, 103477. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.103477

Ridha, A., Selviana, & Azzwar, F. (2016). Efektivitas Media Komik Pada Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Cuci Tangan Pada Siswa Sekolah Dasar. DOAJ (DOAJ: Directory of Open Access Journals), 12(1), 1–7. https://doi.org/10.31983/link.v12i1.405

Rosyidah, A. N. (2019). Hubungan Perilaku Cuci Tangan Terhadap Kejadian Diare Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Ciputat 02. JIKO (Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi), 3(1), 10–15. https://doi.org/10.46749/jiko.v3i1.25

Tuang, A. (2021). Analisis Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Anak. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 534–542. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.643

WHO. (2017, May 2). Diarrhoeal Disease. World Health Organization: WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diarrhoeal-disease

WHO. (2019). Diarrhoea. World Health Organization. https://www.who.int/health-topics/diarrhoea#tab=tab_1

Yakina, A., Adi, S., & Ariwinanti, D. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Pencegahan Penyakit Diare di Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Sport Sciences for Health, 2(2), 145–151.

Yuningsih, R. (2019). Strategi Promosi Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Sanitasi Lingkungan. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 107–118. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i2.1391
Published
2024-02-01
How to Cite
Ciptaningrum, P., & Sudaryanto, A. (2024). Media Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Anak Dalam Pencegahan Diare: Literature Review. urnal romotif reventif, 7(1), 23-35. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i1.1099