Studi Kasus Penerapan Aroma Terapi (Lavender) Untuk Mengatasi Kualitas Tidur Pada Anak Bronkopneumoni

  • Maria Florensia Tay Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Nusa Nipa
  • Yosefina Nelista Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Nusa Nipa
Keywords: Bronkopneumoni, pemberian aromaterapi lavender, kualitas tidur

Abstract

Bronkopneumonia adalah salah satu jenis pneumonia yang mengakibatkan peradangan di parenkim paru yang meluas sampai bronkeoli disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, jamur atau benda asing yang menyebabkan gejala seperti hipertermi, gelisah, sesak napas, diare, muntah, serta batuk kering dan biasanya terjadi pada anak-anak. Masalah yang sering dirasakan adalah gangguan tidur yang dapat dikurangi melalui implementasi pemberian aromaterapi lavender. Studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis penerapan implementasi pemberian aromaterapi lavender terhadap peningkatan kualitas tidur pada anak yang mengalami gangguan tidur. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam studi ini adalah dua orang anak penderita bronkopneumoni dengan keluhan utama gangguan pola tidur. Lokasi studi kasus adalah di ruang Melati RSUD dr. T.C Hillers Maumere. Data penelitian ini diambil menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.  Instrument pengumpulan data menggunakan format pengkajian asuhan keperawatan anak dan kuesioner Pittsburgh sleep qualiy indeks PSQI dengan penilaian nyeri dari NRS dan metode PQRST. Implementasi pemberian aroma terapi lavender dilakukan selama 3 kali selama 1-5 menit dan dilakukan evaluasi sebelum dan sesudah implementasi. Hasil studi menunjukkan bahwa setelah dilakukan implementasi pemberian aromaterapi lavender selama 3 kali yang berdurasi 1-5 menit mampu meningkatkan kualitas tidur anak.

References

Arufina, M.W., 2019. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Anak Dengan Bronkopneumonia Dengan Fokus Ketidakefektifan Bersihan Jalan Nafas Di Rsud Kabupaten Magelang.

Astuti, W.T., Marhamah, E. and Diniyah, N., 2019. Penerapan terapi inhalasi nebulizer untuk mengatasi bersihan jalan napas pada pasien brokopneumonia. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 5(2), pp.7-13.

Cho, E.H., Lee, M.Y. and Hur, M.H., 2017. The effects of aromatherapy on intensive care unit patients’ stress and sleep quality: a nonrandomised controlled trial. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2017.

Damanik, S.M. and Sitorus, E., 2020. Buku Materi Pembelajaran Keperawatan Anak.

Damayanti, I. and Nurhayati, S., 2019. Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan Bronkopneumonia. Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang kesehatan, 3(2), pp.161-181.

Kaunang, C.T., Runtunuwu, A.L. and Wahani, A.M., 2016. Gambaran karakteristik pneumonia pada anak yang dirawat di ruang perawatan intensif anak RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado periode 2013 –2015. e-CliniC, 4(2).

Krismawati, I., Wuulansari, A.D. and Hastuti, T.P., 2020. Asuhan Keperawatan Pada An. N Dengan Diare Cair Akut (Dca) Di Ruang Seruni Rsud Kabupaten Muntilan. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 14(01), Pp.84-93.

Liu, H., Wang, W. and Gao, X., 2020. Comparison of the efficacy of ambroxol hydrochloride and N acetylcysteine in the treatment of children with bronchopneumonia and their influence on prognosis. Experimental and therapeutic medicine, 20(6), pp.1-1.

Pakcheshm, B., Bagheri, I. and Kalani, Z., 2020. The impact of using “ISBAR” standard checklist on nursing clinical handoff in coronary care units. Nursing Practice Today

Pertiwi, A., Idriansari, A. and Kusumaningrum, A., 2016. Pengaruh aromaterapi Rosemary (Rosmarinus officinalis) terhadap penurunan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 3(1).

Sauri, M.S., 2023. Asuhan Keperawatan Pada An. W Dengan Diagnosa Bronkopneumonia Di Ruang ‘Adn Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Suartawan, I.P., 2019. Bronkopneumonia pada Anak usia 20 Bulan. Jurnal Kedokteran, 5(1), pp.198-206.

Wong, D.L., Hockenberry, M.J., Wilson, D., Winkelstein, M.L. and Kline, N.E., 2003. Wong's nursing care of infants and children. (No Title).

Wulan, A.J., 2017. Tatalaksana Terkini Bronkopneumonia pada Anak di Rumah Sakit Abdul Moeloek. Jurnal Medula, 7(2), pp.6-12.

Wulandari, A., Tuldjanah, M. and Ernawati, E., 2022. Swamedikasi Penggunaan Tablet Zinc untuk Diare pada Pasien Dewasa di Desa Sejahtera, Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Jurnal Masyarakat Berdaya dan Bermitra (MATRA), 1(1), pp.7-13.
Published
2024-02-14
How to Cite
Tay, M., & Nelista, Y. (2024). Studi Kasus Penerapan Aroma Terapi (Lavender) Untuk Mengatasi Kualitas Tidur Pada Anak Bronkopneumoni. urnal romotif reventif, 7(1), 110-115. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i1.1160