Studi Kasus Asuhan Keperawatan Pada Anak DHF Dengan Pemberian Distraction Card Untuk Mengurangi Nyeri Pada Anak Usia Prasekolah Saat dilakukan Tindakan Invasif

  • Noviyanti Kanisia Mbai Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Nusa Nipa
  • Teresia Elfi Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Nusa Nipa
Keywords: Distraction card, nyeri, invasif

Abstract

Pengambilan darah sebagai tindakan keperawatan pada anak dengan Dengue Hemoragik Fever (DHF) dapat menimbulkan nyeri. Sehingga diperlukan teknik untuk mengalihkan nyeri pada anak saat pengambilan darah. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk menganalisis asuhan keperawatan pada anak DHF dengan pemberian distraction card untuk mengurangi nyeri pada anak usia prasekolah saat dilakukan tindakan invasive. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah skala nyeri FLACC. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan dimana klien 1 skala nyeri dari 7 (nyeri berat) menjadi skala nyeri 2 (nyeri ringan), pada klien ke 2 dari skala nyeri 5 (nyeri sedang) menjadi skala nyeri 3 (nyeri ringan), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh teknik distraction card terhadap nyeri pada saat pengambilan darah. Diharapkan petugas kesehatan khususnya perawat dapat menerapkan distraction card pada saat dilakukan tindakan keperawatan untuk mencegah trauma pada anak saat hospitalisasi.

References

Asmadi, A., 2018. Teknik prosedural keperawatan: konsep dan aplikasi kebutuhan dasar klien (19).

Andarmoyo, S. 2017. Buku Konsep Dan Proses Keperawatan Nyeri. Jogjakarta: AR-RUZZ media

Inal, S. and Kelleci, M., 2012. Distracting children during blood draw: Looking through distraction cards is effective in pain relief of children during blood draw. International journal of nursing practice, 18(2), pp.210-219.

Inal, S. and Kelleci, M., 2020. The effect of external thermomechanical stimulation and distraction on reducing pain experienced by children during blood drawing. Pediatric emergency care, 36(2), pp.66-69.

Kemenkes, R.I., 2020. Informasi Singkat DBD.

NELISTA, Y., 2017. Pengaruh Pemberian Distraction Card Terhadap Nyeri Pada Anak Usia Prasekolah Selama Tindakan Invasif di RSUD dr. TC. Hillers Maumere (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Taribuka, N., Rochmaedah, S. and Silawane, I., 2020. Gambaran Pengetahuan dan Penatalaksanaan Ibu Dalam Menangani Hipertermi pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Perawatan Haria Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2020. Global Health Science, 5(3), pp.145-150.

World Health Organization (WHO). 2020. Dengue. Guidline for Diagnosis, Treatment, Prevention and Control. New Edition. Geneva

World Health Organization, Special Programme for Research, Training in Tropical Diseases, World Health Organization. Department of Control of Neglected Tropical Diseases, World Health Organization. Epidemic and Pandemic Alert, 2009. Dengue: guidelines for diagnosis, treatment, prevention and control. World Health Organization.

Potter (2017). Fundamental Of Nursing Keperawatan Edisi 7: Jakarta: Salemba Medika.
Published
2024-02-14
How to Cite
Mbai, N., & Elfi, T. (2024). Studi Kasus Asuhan Keperawatan Pada Anak DHF Dengan Pemberian Distraction Card Untuk Mengurangi Nyeri Pada Anak Usia Prasekolah Saat dilakukan Tindakan Invasif. urnal romotif reventif, 7(1), 97-102. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i1.1162