Perbandingan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap: Sebuah Tinjauan Sistematis
Abstract
Penelitian mengenai kualitas pelayanan kesehatan pasien di berbagai fasilitas kesehatan dipengaruhi oleh sumber pembiayaan sudah banyak dilakukan. Hal tersebut ditemukan juga di Unit Rawat Inap rumah sakit di Indonesia terhadap kepuasan pasien. Berbagai data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas pelayanan pasien JKN dan pasien umum. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran perbandingan mutu pelayanan kesehatan pasien JKN dan non JKN yang ditinjau dari 5 dimensi (servqual) terhadap kepuasan pasien rawat inap rumah sakit di Indonesia. Penelitian ini merupakan tinjauan sistematik yang bersumber pada database Google Scholar, PubMed, Sciencedirect, JSTOR, dan ProQuest menggunakan kata kunci yang mencerminkan parameter PICO. Kata kunci tersebut digabungkan menggunakan boolean sesuai dengan database. Hasil pencarian diinklusi dan dieksklusi kemudian dinilai kualitasnya dengan critical appraisal, diekstraksi dan dianalisis untuk memperoleh hasil penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian jurnal diperoleh 11 artikel yaitu delapan artikel menyatakan bahwa ada perbedaan dan empat artikel menyatakan tidak ada perbedaan kualitas pelayanan kesehatan pasien JKN dan Non-JKN terhadap kepuasan. Tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien JKN dan non-JKN dikarenakan dalam keempat artikel menunjukan pernyataan tingkat kepuasan pasien JKN dan non-JKN sangat menyatakan puas dalam pelayanan kesehatan
References
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
Anzward, B., & Muslaini, M. (2020). Prinsip Keadilan Dalam Pemenuhan Hak Pasien Penerima Bantuan Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Journal De Facto, 5(2), 232–254. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/jurnaldefacto.v5i2.59
Astuti, S., Nyorong, M., Ekowati Januariana Program Studi Kesehatan Masyarakat, N., & Kesehatan Helvetia, I. (2020). Persepsi Pasien BPJS Rawat Jalan dengan Kualitas Pelayanan Petugas Kesehatan di Puskesmas Mawasangka Timur. In Jurnal Kesmas Prima Indonesia (Vol. 2, Issue 2).
Ayune, A., Saragih, A., Manalu, E. D., & Ariani, P. (2020). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Tuan Rondahaim Pamatang Raya. 2(1), 144–152.
BPJS. (2018). Buku Saku BPJS Kesehatan. In Saintika Medika (2018th ed., Vol. 5, Issue 1). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. https://doi.org/10.22219/sm.v5i1.4216
Budiman, M. E. A., Mardijanto, S., & Astutik, E. E. (2021). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Klinik Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 73. https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.152.383
Dewi, A., & Ramadhan, N. K. (2016). The Difference of Satisfaction Level in BPJS Health Insurance Patient and Non Insurance Patient toward Health Service. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 5(1), 36. https://doi.org/10.11591/ijphs.v5i1.4760
Efriyani, R. (2017). ktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Peserta Mandiri Dalam Membayar Iuran Jaminan Kesehatan Nasional Di Kelurahan Lubuk Buaya Tahun 2017. Universitas Andalas, 1(4).
Hasyim, A., Idrus, M., & Rizky, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penunggakan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Mandiri Di Wilayah Kerja Puskesmas Abeli Kota Kendari. Miracle Journal Of Public Health, 2(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.36566/mjph/Vol2.Iss1.3
Imelda, S., & Nahrisah, E. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien Bpjs). Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 1–43.
Kemkes RI. (2021). Data Klasterisasi Rumah Sakit di Indonesia. Ditjen Yankes.
Lely, M., & Suryati, T. (2018). Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(4). https://doi.org/10.22435/bpk.v46i4.33
Menkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang: Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit (pp. 1–80). Kemenkes RI.
Mustika, D., & Sari, K. (2019). Kepuasan pasien terhadap layanan rawat inap RSUD Jagakarsa tahun 2017/2018. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 147–152.
Odi, S., Katarel, O., & Veronica, L. R. (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. JURNAL ILMIAH SIMANTEK.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41. https://doi.org/10.2307/1251430
Pratama, Y. Y., Hidayat, M. S., Marwati, T. A., Handayani, L., & Adnan, M. L. (2022). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Subsidi dan Pasien JKN Non Subsidi Dimensi Reliability dan Responsiveness: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Rajawali Citra. Indonesian Journal of Hospital Administration, 5(2), 53–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2022.5(2)
Pratiwi, Sjahruddin, K., & Nursanti, A. (2014). Analisis Mutu Pelayanan Rumah Sakit dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Andini di Pekan Baru (Issue OKTOBER).
Presiden RI. (2018). Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.
Puspitasari, A. D., Pertiwiwati, E., & Rizany, I. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Umum Dengan Pasien BPJS Berdasarkan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Rsud Ratu Zalecha Martapura. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(1), 93. https://doi.org/10.20527/dk.v8i1.5869
Radito, T. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1–25. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11753
Rambey, H., Satria, B., Simarmata, M., Isnani Parinduri, A., & Ariani Tarigan, E. (2021). Perbedaan Tingkat Kepuasaan Pasien Umum Dan Pasien Dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 3(2), 238–244. https://doi.org/10.35451/jkg.v3i2.692
Riska, D. S. (2016). Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pasien Pengguna BPJS dan Non BPJS di RSUD I.A.MOEIS Samarinda. EJournal Administrasi Negara, 4(1), 2420–2430.
Sadiman, I. (2014). Perbedaan Kepuasan Antara Pasien Peserta Jamkesmas Dan Pasien Umum Di Instalasi Rawat Inap RSUD JEND. A. YANI METRO. VII(1), 1–10.
Salhuteru, A. C. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Words Of Mouth Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Haulussy Ambon. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 4(1), 84–94. https://doi.org/10.24252/minds.v4i1.3156
Sari, P. A., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2015). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dengan Pasien Umum di RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122
Taekab, A. H., Suryawati, C., & Kusumastuti, W. (2019). Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jkm.v7i1.22843
Triana, N. (2018). Interprofessional Education Di Institusi dan Rumah Sakit. Deepublish.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, (2009). https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/UU_36_2009_Kesehatan.pdf
Zumria, Narmi, T. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 1(1), 76–83.
Copyright (c) 2024 Andrias Feri Sumadi, Yanasta Yudo Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.