Hubungan Model 4a (Four As) Dalam Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan Non PBI Di RSUD Kabupaten Pangkep

  • Citra Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Anna Nurjannah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Model 4A, four As, pemanfaatan layanan kesehatan, BPJS Kesehatan

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan hal yang setiap orang dijamin dalam UUD 1945 yang harus diwujudkan dalam upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya. Terdapat empat faktor yang bisa mempengaruhi pemanfaatan pelayanan kesehatan yakni ketersediaan, keterjangkauan, pembiayaan dan penerimaan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Model 4A (Four As) dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan terhadap pasien rawat inap peserta BPJS kesehatan Non PBI di RSUD Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung selama 1 tahun terakhir sebanyak 6523 kunjungan. Sampel ditarik dengan menggunakan accidential sampling sebesar 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara ketersediaan/availability (p=0,001), aksesibilitas/accessibility (p =0,005), penerimaan/acceptability (p=0,000) terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan bagi pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan Non PBI di RSUD Pangkep. Sedangkan tidak ada hubungan antara pembiayaan/affordability (p =0,717) terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan bagi pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan Non PBI di RSUD Kabupaten Pangkep. Simpulan, ketersediaan (availability), aksesibilitas (accessibility), dan penerimaan (acceptability) memiliki hubungan sedangkan pembiayaan (affordability) tidak memiliki hubungan dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan bagi pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan Non PBI di RSUD Kabupaten Pangkep. Saran, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maka sebaiknya instansi terkait memperhatikan pedoman dalam pemberian mutu pelayanan kepada masyarakat dengan baik, yang sesuai dengan fungsi tenaga kesehatan sebagai abdi masyarakat dan memberikan pelayanan sesuai standar sehingga masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

References

Aditama. 2004. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. UI-Press. Jakarta.

Anggraini, D. 2008. Perbandingan Kepuasan Pasien Gakin dan Pasien Umum di Unit Rawat Inap RSUD Budhi Asih Tahun 2008. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok.

Azwar, A. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Binarupa Aksara. Jakarta.

DPR RI UU RI No 44 Tahun 2009, tentang Rumah Sakit, Jakarta, 2009

Hausmann-Muela, S. 2003. Health-Seeking Behaviour and The Health System Response. DCPP Working Paper No 14. Geneva. WHO.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Peraturan Kesehatan RI No 12 Tahun 2013 tentang Standar Jaminan Kesehatan.

Laksono. 2006. Aspek Strategi Manajemen Rumah Sakit Antara Misi Sosial dan Tekanan Pasar. Andi. Yogyakarta.

Marni. 2011. Asuhan Kebidanan Pada Masa Antenatal. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Maulana,A 2013, Sistem Pelayanan Kesehatan, http://aamaulana96.blogspot.com/2013/03/sistem-pelayanan-kesehatan.html?m=1 diakses tanggal 28 Agustus 2018 pukul 20.55 WITA.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi penelitian Kesehatan. Cetakan kedua. Rineka Cipta. Jakarta.

Pahlevi, 2009. Analisis Pelayanan Pasien Rawat Inap di Unit Adinistrasi RSUD Budhi Asih Jakarta Timur Tahun 2009. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Depok.

Pangkep, R. 2017. Profil RSUD. Kabupaten Pangkep.

Permenkes No 340/MENKES/PER/III/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit. 2010.

Rumengan, D.S., 2013. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatn pelayanan kesehatan pada peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki bawah kecamatan mapanget Kota Manado. http//www.jurnalmikmu.com. 6 Juni (10.15).

Sarbaguna. dan Boy S. 2004. Sumber Daya Manusia Rumah Sakit. Konsorsium RS Islam Jawa Tengah. Yogyakarta.

Satrianegara, 2009. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Salemba Medika. Jakarta.

Siregar, C.J.P.2004. Farmasi Rumah Sakit. Buku Kedokteran ECG. Jakarta.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Undang-Udang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 25 November 2011. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 116. Jakarta.
Published
2020-08-27
How to Cite
Dewi, C., & Nurjannah, A. (2020). Hubungan Model 4a (Four As) Dalam Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan Non PBI Di RSUD Kabupaten Pangkep. urnal romotif reventif, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.47650/jpp.v3i1.148