Faktor-faktor yang mempengaruhi Produktivitas Belajar Pada Siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah

  • Rahmiati Tagore Putri STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam
  • Saipullah Saipullah STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam
Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Metode Pengajaran, Kesehatan Mental, Produktivitas Belajar

Abstract

Produktivitas Belajar didefinisikan sebagai tingkat efisiensi dan efektivitas siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran melalui usaha, waktu, dan sumber daya yang digunakan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah. Metode penelitian bersifat analitik dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 76 responden yang dipilih secara stratified random sampling. waktu penelitian dari tanggal 22 Juli s/d 09 September 2024. Analisis dilakukan menggunakan uji chi-square. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,003), ada hubungan Lingkungan Belajar terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,006), ada hubungan yang signifikan dari metode pengajaran terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,029) dan ada hubungan kesehatan mental terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,002). kesimpulan dalam penelitian adalah semua faktor yang diteliti memiliki hubungan yang signifikan dengan produktivitas belajar pada siswa dan siswi SMAN 1 Syiah Utama. Dan hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan produktivitas belajar, perlu memperhatikan aspek-aspek tersebut.

References

Akbar, H. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Teknik Sampling, 190.

Andestend, Budiyanto, Fitri Widyasari, Salsabila Zahra, Ramanda Dewa Saputra, Siti Sumiati, & Putri Devia Amelia. (2022). Gaya Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Dramaga Bogor Sebelum Pandemi dan Saat Pandemi. QALAM: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 3(1). https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/123

Anis, M., & Anwar, C. (2020). Self-organized learning environment teaching strategy for ELT in Merdeka Belajar concept for high school students in Indonesia. JEES (Journal of English Educators Society), 5(2), 199–204. https://doi.org/10.21070/jees.v5i2.869

Arianto, F., Hadi Susarno, L., Dewi, U., Fatimatus Safitri, A., Lidah Wetan, J., Artikel, R., & Teknologi Pendidikan, J. (2020). Techology Acceptance Model: E-Learning in Higher Education INFORMASI ARTIKEL ABSTRACT. 08. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p110--121

Arpizal, A., & Rahayu, S. P. (2022). Peran Motivasi Belajar dalam Memediasi Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa/I pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.38035/JMPIS.V4I1.1274

Asmawati, L., Hidayat, S., Atikah, C., & Artikel, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organizing Learning Environment (Sole) terhadap Kemampuan Literasi Guru Paud. Kwangsan, 9(1), 347041. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V9N1.P90--106

Gupron, G. (2022). Literature Review Factors Affecting Professional Organizations Leadership, Organizational Communication, Work Motivation and Performance. International Journal of Advanced Multidisciplinary, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.38035/IJAM.V1I1.8

Hudiafa, E., Purwaningsih, N., Azka, K., Roziq, A. H., Pendidikan, J., Formal, N., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Dampak Mental Health Bagi Pelajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non-Formal, 2(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnpnf/article/view/26600

Isman, M., Sitepu, T., & R. (2022). Pengaruh Model Project-based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas X SMA. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 256–265. https://doi.org/10.30596/JPPP.V3I3.13234

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/J.SW.2021.V37.I1.P54-61

Muhammad Kusman. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbiyah, 29, 96–103. https://doi.org/10.24235/ath.v%vi%i.5170

Nurmal, I., bin Ridwan, R., & Pascasarjana IAIN Curup, P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), 93–104. https://doi.org/10.31539/ALIGNMENT.V2I1.721

Nursakdiah, N., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sarolangun. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 4(2), 653–664. https://doi.org/10.38035/JMPIS.V4I2.1626

Pendidikan, J., & Perkantoran, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5 (1), 1–13. https://doi.org/10.17509/JPM.V5I1.25846

Permata, D. R., & Amri, Y. K. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Pada Siswa/I Kelas X Smk Ywka Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 15831593–15831593. https://doi.org/10.31004/JRPP.V6I4.21142

Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL TARBIYAH, 25(1). https://doi.org/10.30829/TAR.V25I1.237

Riska Munira, Tiara Fonna, Sarah Nadia, & Iis Marsitah. (2024). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa di Universitas Almuslim. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 12–12. https://doi.org/10.47134/PGSD.V1I4.770

Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Alfabeta. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 147. https://books.google.co.id/books?id=aFHZzwEACAAJ

Suripah, S., Firdaus, F., & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakte. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547–559. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I1.1247
Published
2025-02-22
How to Cite
Putri, R., & Saipullah, S. (2025). Faktor-faktor yang mempengaruhi Produktivitas Belajar Pada Siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah. urnal romotif reventif, 8(1), 112-120. https://doi.org/10.47650/jpp.v8i1.1668

Most read articles by the same author(s)